Selasa 01 Nov 2011 06:29 WIB

Bakar Sampah, Ratusan Rumah pun Terbakar

Rep: satya festiani / Red: M Irwan Ariefyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JATINEGARA -  Ratusan rumah bedeng di Kampung Baru RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, tadi malam, habis dibakar api. "Dugaan sementara, api berasal dari pembakaran sampah," ujar Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulan Bencana Jakarta Timur, Idris DN, tadi malam.

Api dari pembakaran sampah merambat ke rumah warga yang mayoritas dihuni oleh pemulung. Api dengan mudahnya melahap bangunan yang terbuat dari triplek dan kayu itu.

Untuk menjinakan api, dinas pemadam kebakaran menerjunkan 13 unit mobil pemadam ditambah tiga unit pendukung. "Kami sempat kesulitan memadamkan api karena jarak mobil pemadam yang diparkir jauh dari tempat kebakaran," ujar dia. Hal itu disebabkan kawasan tersebut padat penduduk.

Petugas akhirnya harus menyambung selang pompa agar mencapai jarak 500 meter. Pemadam kebakaran sempat kehabisan air untuk memadamkan ratusan rumah itu. Mereka kemudian terpaksa mengambil air dari Kali Cipinang yang berwarna hitam.

Pemadam dapat mematikan api setelah kebakaran berlangsung selama 2,5 jam, yakni pada pukul 22:00 WIB. Kayu dan triplek yang terbakar itu harus didinginkan agar api tidak muncul kembali.

Jumlah penduduk yang menempati daerah itu belum dapat dipastikan. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa naas itu. Hanya saja satu orang warga sempat pingsan karena menghirup banyak asap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement