Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

 

Masjid Raya Bandung Siapkan Makanan Berbuka Puasa

Kamis 17 May 2018 13:39 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Agung Sasongko

Masyarakat menyantap takjil saat berbuka puasa di Masjid Raya Agung Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Senin (29/5).

Masyarakat menyantap takjil saat berbuka puasa di Masjid Raya Agung Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung, Senin (29/5).

Foto: Mahmud Muhyidin
Kegiatan ini memang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya dalam bulab Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Raya Bandung Jawa Barat menyiapkan makanan berbuka puasa (takjil) bagi masyarakat selama Bulan Ramadhan. Iftar ini dibagikan secara gratis setiap harinya bagi masyarakat yang berbuka di Masjid Raya.

Pengurus DKM Masjid Raya Bandung Mahsum mengatakan pihaknya menyediakan minimal seribu paket takjil setiap harinya. Kegiatan ini memang sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya dalam bulab Ramadhan.

"Setiap hari minimal 1.000 makanan takjil kami bagikan kepada masyarakat. Inidiperuntukkan bagi jamaah yang berbuka puasa di masjid yang terletak di Alun-Alun Kota Bandung itu. Terutama bagi masyarakat yang mengikuti pengajian sebelum berbuka yang rutin diselenggarakan DKM masjid," kata Mahsum kepada Republika, Kamis (17/5).

Ia menuturkan takjil ini diperoleh dari sumbangan para donatur ke Masjid Raya Bandung. Dalam setiap bulab Ramadhan, tokoh-tokoh di Jawa Barat baik kalangan pemerintahan hingga pengusaha menjadi penyumbang makanan pembuka.

Menurutnya, tahun sudah ada daftar penyumbang makanan takjil di Masjid Raya Bandung hingga hari terakhir ibadah puasa. "Ada Bapak Gubernur Jawa Barat, bapak Wali Kota Bandung, Ketua DPRD, Direktur Utama Bank BJB, sampai perusahaan-perusahaan yang ada di Jawa Barat," tuturnya.

Ia menuturkan paket takjil ini berisikan makanan ringan untuk membatalkan puasa. Selain dari instansi pemerintahan ataupun pengusaha, pihaknya menerima sumbangan dari masyarakat umum yang ingin menyumbang. Hal ini sangat diapresiasi karena membantu memfasilitasi ibadah umat Muslim.

photo

Infografis Ramadhan

Dalam Ramadhan 1439 H kali ini, Masjid Raya Bandung yang menjadi salah satu masjid besar di Kota Bandung juga menggelar sejumlah kegiatan yang rutin diadakan. Mulai dari shalat tarawih dan ceramah agama rutin. Sejumlah tokoh-tokoh agama di Jawa Barat akan menjadi imam atau penceramah. Di antaranya Gubernur Jawa Barat Ahmas Heryawan dan Ketua MUI Jawa Barat KH. Rachmat Syafe'i.

"Ada juga pesantren Ramadhan, kajian tafsir tematik, tadarus Al-quran, bedah buku, serta penerimaan dan pendistribusian zakat," ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan mengoptimalkan ibadah yang dilakukan. Salah satunya bisa mengikuti kegiatan pengajian yang dilaksanakan Masjid Raya Bandung.

(Lihat Video: Ramadhan Momentum Dekatkan Diri dengan Sang Pencipta)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES