Kamis 12 Aug 2010 06:32 WIB

33 Kapal Roro Disiapkan untuk Angkut Pemudik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Administrator Pelabuhan Bakauheni memastikan 33 armada kapal roll on roll off (ro-ro) dan tiga armada kapal cepat siap melayani arus penyeberangan Pelabuhan Bakauheni Lampung-Merak Banten saat mudik lebaran tahun 2010/1431 Hijriyah.

Kepala Administrator Pelabuhan Bakauheni, Muhammad Ali, mengatakan, di Bakauheni, Rabu, semua kapal roro yang berjumlah 36 tersebut dipastikan siap melayani arus mudik mendatang.

Berdasarkan hasil uji petik sebanyak 33 armada kapal roro dan tiga kapal cepat tersebut layak beroperasi untuk arus mudik karena hanya mengalami kerusakan ringan berupa alat navigasi dan kelengkapan alat pemadam kebakaran dan serta masa berlaku buku anak buah kapal (ABK) yang banyak mati.

"Semua kekurangan telah dipenuhi dan sudah layak melayani arus mudik, yang secara resminya hasil uji petik lalu telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditenhubla) Kementerian Perhubungan," kata dia

Dia mengatakan, saat ini ada beberapa kapal yang docking (perbaikan) yang diperkirakan sebanyak enam kapal roro tapi saat H-7 ke-33 kapal tersebut bisa beroperasi seluruhnya.

"Pekan ini, KMP Prima Nusantara dan Nusa Mulya sudah usai docking dan melayani pelayaran, dan satu kapal yang harus ditunda dockingnya yaitu KMP BSP II, karena jadwal docking bertepatan dengan arus mudik," tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kapasitas angkut rata-rata ke-33 kapal roro itu masing masing adalah 676 penumpang dan 104 kendaraan setiap/trip.

Kemudian, frekuensi penyeberangan kapal antara Bakauheni-Merak, untuk kapal Ro-Ro dalam keadaan sangat padat adalah 90 sebanyak trip/ hari, dengan waktu pelayaran sekitar 150 menit.

Sedangkan kapasitas angkutan untuk kapal cepatnya sebanyak 172 penumpang/trip, dengan frekuensi 16 trip/hari, dengan waktu tempuh Bakauheni-Merak 60 menit.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung juga menjelaskan bahwa kapasitas jumlah penumpang armada kapal Ro-Ro nantinya sebanyak 60.570 orang/hari, dengan dispensasi maksimal 30 persen, atau sebanyak 18.171 orang/hari.

Dengan demikian, jumlah penumpang kapal di Bakauheni-Merak nantinya mencapai 81.493 orang/hari, dan kendaraan sebanyak 9.360 unit/hari.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement