Kamis 03 Jun 2010 03:59 WIB

Kabar Bagus atau Buruk? Inggris Diperkuat 'Singa-singa Tua'

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Pelatih Fabio Capello mencatatkan rekor baru dalam pemilihan skuad timnas Inggris yang berangkat ke Afrika Selatan. Usia rata-rata 23 pemain Inggris saat ini merupakan yang tertua sepanjang sejarah keikutsertaan Inggris di Piala Dunia, yaitu 28,7 tahun.

Rekor sebelumnya dipegang skuad Inggris di Piala Dunia 1954, yaitu 28,4 tahun. Rekor di masa lalu tersebut tercipta akibat terpilihnya Stanley Matthews, yang saat itu telah berusia 39 tahun.

Jika dibandingkan dengan timnas Inggris di Piala Dunia 2006, skuad saat ini rata-rata hampir berusia 3,5 tahun lebih tua. Ini membuktikan bahwa tidak banyak perubahan signifikan di kubu 'The Three Lions'. Mayoritas pemain yang tampil di Piala Dunia 2006 kembali menghuni tim saat ini.

Bukti lain terlihat pada caps (jumlah pertandingan internasional) pemain yang sebanyak 900, dengan rata-rata 39,1. Caps tertinggi sebelumnya dipegang skuad Inggris di Piala Dunia 1990 dengan rata-rata 32,2.

Capello tampaknya berpikiran bahwa untuk turnamen sekelas Piala Dunia, sebuah tim harus dihuni pemain-pemain yang matang dan berpengalaman, persis seperti Italia yang berjaya empat tahun lalu. Saat itu, rata-rata pemain Italia berusia 29 tahun.

Juara Liga Champions asal Italia, Inter Milan, memenangi gelar tahun ini dengan rata-rata pemain berusia 29,7 tahun.

sumber : Guardian
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement