Selasa 29 Jun 2010 22:08 WIB

Jepang, Harapan Terakhir Asia di Laga Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JOHANNESBURG--Tim terakhir negara Asia, Jepang, yang bertemu dengan Paraguay dan Spanyol akan menghadapi tim dengan pertahanan kuat negara tetangga Iberian, Portugal, Selasa (29/6), sebagai laga akhir penentu ke perempat-final Piala Dunia 2010. Jepang, tim yang kemajuannya pesat dibanding dengan ketika masa kampanye mereka sebelumnya, diprediksi akan menggunakan taktik bermain cepat dengan mutu tinggi dalam usaha mengalahkan Paraguay, salah satu tim yang kurang mengesankan dari Amerika Selatan.

Tetapi Paraguay tetap menunjukkan taji mereka sebagai kekuatan tim Amerika Selatan-- karena sebelumnya tidak pernah ada negara Asia yang mengalahkan tim dari kawasan mereka di Piala Dunia. Paraguay, yang sedang berusaha mengikuti Brazil, Argentina dan Uruguay ke putaran delapan besar, masih belum menunjukkan keperkasaan barisan menyerang mereka yang diisi trio ujung tombak Roque Santa Cruz, Lucas Barrios dan Nelson Valdez.

Namun, Tim Samurai Biru Jepang tidak dapat dipandang enteng, karena kemampuan mereka melakukan operan bebas dan amat menguasai gerakan bola Jabulani, yang membuat masalah bagi sebagian tim lain. Striker Keisuke Honda dan Yasuhito Endo menjebol gawang lawan ketika melakukan tendangan bebas saat berhadapan dengan Denmark pada penyisihan grup.

Di saat Jepang kelihatan akan tampil "berapi-api", Paraguay bermain lamban ketika main imbang 0-0 lawan Selandia Baru pada laga terakhir di penyisihan grup.

Tetapi sang pelatih Jepang, Takeshi Okada, memperingatkan timnya harus bermain lebih semaggat karena mereka membawa nama benua mereka. "Sebagai satu-satunya tim negara Asia yang masih bertahan hingga level ini, kami sungguh-sungguh menginginkan maju ke putaran delapan besar," ujarnya.

sumber : Ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement