Home >> >>
Indra Sjafri: Kami Tidak Pikirkan Menang atau Kalah
Kamis , 09 Oct 2014, 17:12 WIB
Antara/M Risyal Hidayat
Pemain timnas U19 Indonesia mendengarkan pengarahan pelatih Indra Sjafri (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON  --  Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi ujian sesungguhnya dengan menghadapi Uzbekistan pada laga perdana Piala Asia U-19 di Thuwunna Stadium, Yangoon, Myanmar, Jumat (10/10).

Pertandingan ini bisa dikatakan sebagai pembuktian kekuatan sebenarnya yang dimiliki Timnas Garuda Jaya serta kemampuan dari sang pelatih Indra Sjafri dalam meracik serta mengatur strategi saat menghadapi lawan perdananya pada kejuaraan bergengsi ini.

"Kami sudah lama tidak turun di kejuaraan seperti ini. Makanya kami tidak berpikir menang atau kalah. Yang lebih penting adalah bagaimana generasi kami sekarang bisa mengikuti kejuaraan di level ini," kata Indra seperti dilansir laman resmi AFC, Kamis (9/10).

Untuk menghadapi Piala Asia U-19 yang juga merupakan ajang kualifikasi untuk turun di Piala Dunia 2015 U-20 di Selandia Baru, Evan Dimas dan kawan-kawan telah menjalani pemusatan latihan yang bisa dikatakan luar biasa. PSSI sebagai induk organisasi bahkan memberikan kebebasan pada pelatih untuk meracik tim.

Uji coba pun dilakukan dengan maksimal. Tidak hanya Tur Nusantara. Juara Piala AFF 2013 ini juga beberapa kali melakukan pertandingan uji coba di Timur Tengah. Selain itu juga menghadapi empat klub besar asal Spanyol yaitu Atletico Madrid, Real Madrid, Valencia dan Barcelona.

Hasil uji coba ini juga bervariasi. Jika Tur Nusantara bisa dilakukan ujian berlangsung mulus karena tidak pernah mengalami kekalahan. Untuk uji coba ke Timur Tengah termasuk menghadapi calon lawan Uni Emirat Arab terbilang cukup berimbang.

Kondisi kurang bagus saat turun di Piala Hassanal Bolkiah di Bandar Seri Bengawan, Brunei serta Tur Spanyol. Timnas yang digadang-gadang bisa lolos ke Piala Dunia U-20 terlihat mengalami penurunan performa. Bahkan tidak pernah meraih poin. Timnas selalu mengalami kekalahan.


Redaktur : Citra Listya Rini
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar