Jumat 04 Nov 2016 18:21 WIB

Mahasiswa Asing UAD Juara Lomba Bahasa Indonesia di UI

Mahasiswa asing UAD menjadi juara lomba Hari Berbahasa Indonesia di UI.
Foto: UAD
Mahasiswa asing UAD menjadi juara lomba Hari Berbahasa Indonesia di UI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di bawah Kantor Urusan Internasional (KUI) mengirim tiga tim mahasiswa dari Prodi Sastra Indonesia untuk mengikuti tiga lomba yang diadakan oleh Universitas Indonesia (UI).  UI menyelenggarakan Hari Berbahasa Indonesia (HBI) dengan beberapa perlombaan kemampuan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing Tim yang dikirim.

Lomba yang diikuti terdiri dari tim Lomba Suhu (Susun Huruf dan Kata) yaitu Feng Yangming, Guo Yaomin dan Zheng Huangting. Tim Lomba Pembacaan Cerita terdiri dari Guo Yaomin, Zheng Huangting, Qian Shan Yu, Tong Qiang dan Ren Yu Jie. Yang terakhir adalah Lomba Menyanyi yaitu Huang Qiongyi.

Huang Qiongyi berangkat ke Universitas Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2016 untuk mengikuti persiapan acara (take vocal) yang diadakan oleh panitia. Sedangkan dua tim yang lain berangkat pada tanggal 1 Novermber 2016 didampingi oleh pendamping dari KUI. Lomba diikuti oleh mahasiswa asing perwakilan beberapa universitas di Indonesia.

Sebelum mengikuti lomba, para peserta telah dilatih oleh tim pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dari KUI dan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada kesempatan ini, berlokasi di Universitas Indonesia, seluruh peserta mahasiswa asing memperlihatkan kemampuanmereka dalam berbahasa Indonesia.

Tim UAD dalam Lomba Pembacaan Cerita berhasil menyabet juara terbaik mengalahkan tuan rumah dari UI.  

“Saya sangat bahagia, tahun lalu tim mahasiswa asing UAD beberapa kali meraih juara dalam kompetisi nasional. Misalnya kompetisi video dengan tema budaya, lomba pidato berbahasa Indonesia, lomba menari, bahkan salah satu teman saya meraih juara dua kompetisi tapak suci nasional. Luar biasa sekali, semoga kami bisa selalu membanggakan almamater kami, UAD," ujar Feng Yangming, selaku ketua tim.

Kepala KUI-UAD Ida Puspita mengatakan UAD mendukung kegiatan kemahasiswaaan baik bagi mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing yang belajar di UAD dengan memberikan kesempatan bagi mereka dalam setiap lomba yang ditawakan ke UAD. Dalam beberapa kesempatan mahasiswa asing UAD berhasil membawa nama baik UAD denga menjuarai kompetisi nasional baik yang diselenggarakan oleh Dikti maupun oleh universitas lain.

"Prestasi ini menunjukkan bahwa mahasiswa asing memperoleh pembelajaran yang baik di UAD dan mampu menguasai bahasa Indonesia dengan cepat selama  belajar di UAD," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement