Sabtu 26 May 2018 14:19 WIB

BNN Ajak Gerakan Pramuka Jadi Relawan Antinarkoba

Pramuka harus bersatu melawan narkoba.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
Pramuka (ilustrasi)
Foto: dok. Republika
Pramuka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam upaya pencegahan narkoba di Indonesia, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan, dengan jumlah anggota aktif 12 juta orang, Pramuka dinilai punya andil besar untuk membantu pemerintah dalam hal pencegahan narkoba.

"Kegiatan Pramuka memang sejak awal dirancang untuk membantu pemerintah dalam menciptakan ketahanan nasional. Salah satu persoalan penting yang bisa merusak ketahanan nasional adalah narkoba, Pramuka tak boleh abai. Pramuka harus bersatu melawan narkoba," ujar Adhyaksa, Sabtu (26/5).

Dalam pertemuan terbatas yang diadakan antara jajaran pimpinan Kwarnas Gerakan Pramuka dan Ketua BNN Heru Winarko di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Adhyaksa menjamin dari 12 juta anggota Pramuka yang memiliki tanda kecakapan khusus, tidak ada satu pun yang terlibat kasus narkoba. Sebaliknya, Pramuka siap diberdayakan untuk membantu pemerintah melawan narkoba.

"Saya pastikan Pramuka yang aktif yang memiliki tanda kecakapan, tidak ada satu pun yang memakai narkoba. Sudah terbukti kegiatan kepramukaan itu mampu mencegah generasi muda dari narkoba," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNN Heru Winarko menyambut baik keinginan Kwarnas Gerakan Pramuka untuk bekerja sama dengan BNN. Heru menjelaskan, dalam kerja sama ini, Pramuka bisa dilibatkan sebagai Relawan Penggiat Antinarkoba.

"Fokus BNN memang tidak hanya sebatas pada penindakan. Upaya pencegahan juga merupakan bagian terpenting dalam program prioritas yang dijalankan BNN. Nah Pramuka dengan jumlah SDM-nya yang begitu besar ini bisa kita libatkan sebagai Relawan Penggiat Antinarkoba," ujar Heru.

Heru menambahkan, Pramuka yang aktif sebagai relawan Penggiat Antinarkoba nantinya bisa diberikan sertifikat dari BNN. Bentuk konkret dari kerja sama ini, Pramuka bisa diajak BNN untuk ikut mensosialisasikan tentang bahaya narkoba di masyarakat, sekaligus penanggulangannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement