Selasa 01 May 2018 21:47 WIB

Semangat Pelajar Penerima Bantuan PIP Diharap Meningkat

Bantuan PIP diminta tidak untuk membeli pulsa

Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar.
Foto: Kemendikbud
Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar.

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA – Semangat para pelajar penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) diharapkan meningkat. Bantuan yang telah diterima tersebut harus dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang keperluan belajar para pelajar.

“Jangan dibelikan pulsa ya, tetapi dengan bantuan itu seharusnya pelajar semakin giat belajar dan memanfaatkan dana bantuan untuk kegiatan belajar,” kata anggota Komisi X DPR Venna Melinda melalui siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (1/5).

Venna menyampaikan hal tersebut kepada para pelajar dalam kunjungan kerjanya ke daerah pemilihannya di Jawa Timur VI (Kota dan Kabutapen Kediri, Kota dan Kabupaten Blitar dan Kabupaten Tulungagung) pada 20 hingga 22 April 2018 lalu. Venna menyambangi para pelajar dari tingkat SD hingga SMA/SMK yang mendapatkan bantuan PIP anggaran 2017.

 

Di sana, jumlah pelajar  yang mendapatkan bantuan dana dari PIP adalah 505 untuk murid-murid SD, 233 untuk murid SMA, dan 148 untuk murid SMK. Dalam kunjungan kerjanya tersebut.  Terkait bantuan yang didapat, Venna juga menanyakan apakah proses pencairan mengalami kendala.

Karena memang jika banyak kendala yang ditemukan, hal ini akan menjadi bahan dalam rapat kerja dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Begitu pula dengan jenis-jenis bantuan lain yang didapatkan oleh sekolah yang dikunjungi Venna.

Selain itu, Venna juga melakukan sosialisasi  program-program beasiswa dari Kementerian lain, seperti Bidikmisi dari Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), RPS, Rehab, TIK, APE, dan masih banyak lagi lainnya dari Kemendikbud. Semua petunjuk teknis (Juknis)  dari program mitra kerja Komisi X DPR, dituangkan Venna dalam sebuah CD. 

 “Sudah menjadi tugas kami, terutama   Komisi X dengan semua mitra kerja kami, untuk mensosialisasikan program-program pro rakyat. Kami turun langsung, agar pesannya sampai ke semua rakyat, terutama para pelajar. Karena pada akhirnya, kelak akan lahir insan-insan cerdas dan kompetitif,”  kata Venna.

     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement