Rabu 11 Apr 2018 19:10 WIB

UNBK di Purbalingga Berlangsung Hingga Malam

Sekolah kesulitan mengunduh naskah soal dari server pusat.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Pelaksanaan UNBK.
Foto: Antara.
Pelaksanaan UNBK.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pelaksanaan Ujian Nasional hari kedua di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (11/4), berlangsung hingga malam hari. Hal ini terpaksa dilakukan karena adanya kendala sulitnya pihak sekolah mengunduh materi soal dari server pusat.

''Kemarin, memang sempat terjadi masalah dalam pelaksanaan UNBK SMA dengan mata pelajaran Matematika. Namun insya Allah hari ini sepertinya aman,'' kata Kepala Seksi SMA dan SLB Balai Pengendali Pendidikan Menengah Dan Khusus (BP2MK) wilayah eks Karesidenan Banyumas, Yuniarso.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK di Purbalingga yang hingga malam hari, berlangsung di semua sekolah yang melaksanakan UNBK. ''Seluruhnya, karena semua sekolah kesulitan mengunduh naskah soal dari server pusat. Baru pada sore hari, naskah soal bisa diunduh dengan baik sehingga UN bisa dilaksanakan pada malam hari,'' katanya.

Kepala SMAN 1 Purbalingga, Kustomo, menyebutkan kesulitan mengunduh naskah soal Matematika berlangsung sejak pagi hari menjelang UNBK dilaksanakan. ''Baik soal Matematika untuk anak-anak jurusan IPA maupun IPS, tidak bisa diunduh hingga siang,'' ujar dia.

Kalaupun bisa diunduh, dia menyebutkan, materi soal yang terunduh tidak bisa semuanya. Materi soal yang mestinya ada 40 soal, hanya terunduh 13 atau kurang. ''Masalah ini bari bisa teratasi sinkronisasi ulang mengenai data server di sekolah dan server pusat,'' katanya.

Kustomo yang juga menjabat sebagai ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Purbalingga mengungkapkan, persoalan sulitnya mengunduh naskah soal ini terjadi di semua SMA dan MA yang menyelenggarakan UNBK di Purbalingga.

Setelah siang hari naskah dapat diunduh seluruhnya, siswa bisa mulai mengikuti UN pada menjelang sore. Namun karena peserta UN terbagi dalam beberapa sesi, maka sesi terakhir baru bisa dilaksanakan pada pukul 18.30-20.30 WIB atau pada sesi 4.

Kepala SMAN 2 Purbalingga, Joko Mulyanto, mengatakan pihaknya mengambil kebijakan untuk tetap menyelenggarakan UN pada malam hari, berdasarkan pertimbangan kepentingan siswa.

''Apabila peserta UN pada sesi 4 harus mengikui UNBK susulan pekan depan, banyak siswa yang akan ikut seleksi Akpol (Akademi Kepolisian) dan SPN (Sekolah Polisi Negara). Jadi kami putuskan untuk tetap dilakukan UNBK pada malam hari,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement