Jumat 23 Feb 2018 13:07 WIB

Wapres JK Minta Perpustakaan Siap Hadapi Tantangan Digital

perpustakaan nasional sudah seratus persen siap menyambut era digitalisasi.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Koleksi buku di Perpustakaan Nasional.
Foto: MGROL 99
Koleksi buku di Perpustakaan Nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menerima Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia Muhammad Syarif Bando dan jajarannya. Dalam pertemuan tersebut, wakil presiden memberikan arahan agar perpustakaan siap menghadapi tantangan dan mengubah paradigmanya di era digital.

"Beliau (Wakil Presiden Jusuf Kalla) mengulas tentang tantangan perpustakaan di era digital, bahwa perpustakaan bukan lagi deretan buku-buku berdebu tapi harus dirancang sedemikian rupa dengan bantuan teknologi informasi sehingga bisa menjangkau masyarakat," ujar Syarif di Kantor Wakil Presiden, Jumat (23/2).

Syarif mengatakan, parameter perpustakaan ke depan bukan terkait jumlah pengunjung saja tapi seberapa besar perpustakaan membangun aplikasi teknologi informasi yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Menurutnya, perpustakaan sudah seratus persen siap menyambut era digitalisasi. Perpustakaan Nasional sudah merancang program unggulan untuk memberikan akses kepada masyarakat melalui aplikasi digital.

"Kita punya e-pusnas yang bisa di instal di playstore dan juga portal online yang terkoneksi dengan 828 lembaga perpustakaan serta 2,6 juta konten yang bisa diakses secara penuh," kata Syarif.

Selain itu, wakil presiden juga meminta agar perpustakaan bisa berperan dalam menanamkan kecintaan terhadap buku bagi generasi muda. Perpustakaan diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk membangun peradaban.

Wakil presiden juga meminta agar perpustakaan memiliki kemampuan untuk merancang program dan aktivitas yang dapat menarik minat pengunjung dan meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi, di era media sosial saat ini sangat mempengaruhi budaya baca di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement