Kamis 11 Jan 2018 09:04 WIB

Apresiasi Sastra, SD BBI Gelar Lomba Baca Puisi

Salah seorang siswa kelas IV SD Bosowa Bina Insani (BBI) unjuk kebolehannya membaca puisi.
Foto: Dok SBBI
Salah seorang siswa kelas IV SD Bosowa Bina Insani (BBI) unjuk kebolehannya membaca puisi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – SD Bosowa Bina Insani mengadakan lomba baca puisi untuk siswa kelas IV. Kegiatan tersebut diadakan di SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/1).

“Lomba baca puisi ini dalam rangka pembelajaran apresiasi puisi,” kata guru kelas IV sekaligus guru Bahasa Indonesia, SD BBI Een Anggraini, dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (9/1).

Lomba baca puisi itu menampilkan sajak berjudul “Cita-cita”. Puisi tersebut disiapkan oleh Een Anggraini, dan diambil dari buku pelajaran Bahasa Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan melatih keberanian siswa membaca puisi dengan baik dan indah,”  ujar Een. Sebelum lomba tersebut, Een terlebih dahulu mengajari para siswanya mengenai cara membaca puisi dengan baik dan indah.

Jumlah peserta keseluruhan 16 orang. Mereka mewakili kelas IV A sampai IV D. Tiap-tiap kelas mengirimkan wakilnya masing-masing empat orang.

Lomba baca puisi yang dikaitkan dengan pembelajaran apresiasi puisi ini baru pertama kali diadakan. “Agar hasil penilaiannya obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan, kami mengundang juri adalah Parents Association Bosowa Bina Insani (PABBI) SD Bosowa Bina Insani dan profesional,” tuturnya. Juri menetapkan pemenang I, II, III dan Harapan.

Een mengungkapkan, SD BBI juga mengadakan lomba menulis cerita pendek untuk siswa. “Karya-karya yang bagus dan terpilih akan kami kumpulkan dan terbitkan dalam bentuk buku kumpulan cerpen,” kata Een Anggraini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement