Sabtu 29 Apr 2017 11:01 WIB

⁠⁠⁠Ingin Jadi Sarjana Lulusan Turki? Coba Daftar di Sini

Kuliah di negara Turki (ilustrasi).
Foto: ist
Kuliah di negara Turki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa-masa ini menjadi waktu yang mendebarkan bagi para siswa yang akan lulus SMA atau sederajat. Piihan-pilihan rencana akan melanjutkan studi kemana pasca seragam putih abu tentu menggelayuti pikiran para pelajar. Salah satunya adalah ingin sekali kuliah ke luar negeri.

Banyak ragam pilihan bila ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Berbagai kampus di luar negeri dengan berbagai kualifikasinya menawarkan berbagai harapan dan masa depan. Universitas-universitas di berbagai negara pun sudah menjadi target, termasuk Universitas di Turki.

Ada berbagai jalur untuk kuliah ke Turki. Salah satunya adalah melalui jalur mengikuti ujian masuk Universitas universitas Turki yang di selenggarakan di Indonesia. Dengan jalur ini, siswa Indonesia yang ingin kuliah ke Turki tidak perlu mengikuti ujian di Turki, cukup di Indonesia.

"Salah satunya adalah Suleyman Demirel University yang terletak di kota Isparta. Ada 16 Fakultas di universitas ini dengan sekitar 70 ribu mahasiswa belajar dengan biaya kuliah yang beragam," kata presiden Yayasan Turki Indonesia Doddy Hidayat.

Fakultas Kedokteran menempati biaya kuliah tertinggi yaitu 886,5 Turkish Lira per tahun, Ekonomi 470 TL,Fakultas Pendidikan 426 TL, Fakultas Teknologi 580 TL, Fakultas Pariwisata 285 TL. Bila sekarang 1 Turkish Lira adalah sekitar Rp 3700, maka biaya kuliah di Fakultas Kedokteran adalah sekitar Rp 3 atau 4 jutaan saja per tahun.

"Sedangkan untuk biaya hidup bagi pelajar di kota Isparta Turki adalah sekitar 2-4 jutaan per bulan," kata dia.

Siswa SMA sederajat lulusan tahun 2014-2017 yang berminat dapat mendaftar di www.belajarditurki.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement