Rabu 29 Mar 2017 11:12 WIB

Kemendikbud dan OASE Buka Pelatihan Guru PAUD

Rep: umi nur fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Guru Paud
Foto: Kemendikbud.go.id
Guru Paud

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) membuka Pelatihan Akbar untuk 1.500-2.000 guru PAUD, TK dan Pendidikan Masyarakat di daerah itu. Pelatihan akbar diselenggarakan di Kampus Darussalam, Universitas Islam Riau selama tiga hari, mulai 29-31 Maret 2017. Pelatihan itu mengambil tema 'Praktik Pendidikan Karakter dan Pendekatan Saintifik yang Sukses Membangun Akhlak, Daya Pikir Kritis dan Kreativitas Anak.'

"Pendidikan karakter bukan barang baru, tapi penguatan pendidikan karakter yang barang baru. Sudah lama kenalan dengan pendidikan karakter, tapi lupa apa pendidikan karakter," kata Dirjen GTK Kemendikbud, Sumarna Surapranata di Pekanbaru, Riau, Rabu (29/3).

Ia menjelaskan dalam tiga hari, guru PAUD, TK dan Pendidikan Masyarakat akan mendapat pelatihan bagaimana menguatkan pendidikan karakter pada anak. Ia menyebut, sekira 1.700 guru akan praktik bagaimana pendidikan karakter yang sesuai dengan abad 21. Pengajaran pendidikan karakter yang tidak melalui kekerasan.

Pria yang akrab disapa Pranata itu mengatakan setidaknya ada 5.300an guru PAUD, TK dan Pendidikan Masyarakat di seluruh Indonesia. Namun, yang menjadi tantangan para guru itu berasal dari jenjang sekolah menengah atas.

"Tantangan, tingkatkan kualifikasi guru Paud. Pemerintah hadir, kita berikan beasiswa untuk tingkatkan kualifikasi, pelatihan kompetensi," ujar dia.

Sementara itu, Ketua bidang Pendidikan Karakter OASE, Ratna Megawarni menyebut pendidikan karakter bagi anak merupakan program gotong-royong

"Oase ingin program ini dilakukan secara gotong rotong. Dengan itu cepat capai tujuan dari kontribusi guru istimewa (guru Paud, TK dan Pendidikan Masyarakat)," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement