Selasa 21 Mar 2017 06:17 WIB

Mahasiswa IPB Temukan Formula Susu Kambing TBC untuk Atasi TBC

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Angga Indrawan
Institut Pertanian Bogor
Foto: primaholidaybandung.blogspot.com
Institut Pertanian Bogor

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penelitian terkait peran susu kambing dalam mengatasi penyakit TBC. Ketiga mahasiswa itu adalah Agung Yudhistiwa, Ajeng Agustianty, dan Dyastuti Puspita.

Mereka menemukan pada susu kambing terdapat banyak kandungan fluorine, mineral, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, dan mangan. Kandungan fluorine yang terdapat pada susu kambing berkisar 10 hingga 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi.

"Kandungan fluorine ini bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh" ujar mereka dalam siaran pers, Senin (20/3).

Latar belakang masalah dari penelitian diambil dari total kasus penyakit Tuberculosis (TBC) di Indonesia hingga tahun 2013 mencapai angka hingga 900 ribu kasus. Anak-anak dan remaja menyumbang persentase yang cukup besar pada penderita TBC di Indonesia.

Hal ini, menurut mereka, tentu menjadi masalah besar untuk Indonesia karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saja mendesak lebih dari 30 negara, termasuk negara-negara maju, untuk mengenali bahaya lanjutan dari penyakit TBC dan diminta bersama memberantasnya pada 2050. Inilah sebabnya TBC termasuk penyakit yang mematikan.

Mereka menemukan, untuk menambah kandungan gizi susu tersebut perlu ada formulasi agar penyembuhan TBC dapat dilakukan secara optimal. Susu kambing dapat diformulasikan dengan tepung kacang merah dengan media campurannya menggunakan youghurt. Jika sudah diformulasikan maka minuman tadi menjadi minuman sinbiotik yakni kombinasi probiotik dan prebiotik.

Susu kambing yang difermentasi buatan dengan menggunakan bakteri lactobacillus bulgaricus dan streptococcus cerevisiae menunjukkan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Oleh karena itu, daya tahan tubuh pasien penderita TBC dapat ditingkatkan sehingga akan mempercepat penyembuhan. Formulasi susu kambing yang sudah difermentasi dengan tepung kacang merah mengandung kadar protein dan energi yang tinggi sehingga akan membentuk sel lebih cepat karena biasanya bakteri akan terus menyerang tubuh.

Kandungan gizi susu kambing yang sudah difermentasi dengan tepung kacang merah mendapatkan angka yang cukup baik yakni 240 kkal energi, 11.2 gram protein, 4.8 gram lemak, serta 39.1 gram karbohidrat yang mampu mempercepat penyembuhan TBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement