Selasa 29 Nov 2016 03:05 WIB

Guru Siap Kembali ke Ujian Sekolah

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri
Ujian Sekolah (ilustrasi)
Ujian Sekolah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sejumlah sekolah di daerah, siap menjalankan keputusan, bila Mendikbud mengembalikan ujian sekolah ke daerah atau sekolah masing-masing. Hal itu kata guru di SDN 7 Pemecutan Depasar, Muriyasih, tidak jauh bedanya. "Bisa-bisa saja. Kami para guru siap untuk melaksanakan keputusan menteri," katanya menjelaskan.

Kepada Republika di Denpasar, Senin (28/11), Muriyasih mengatakan, dengan menerapkan ujian lokal, para guru bisa memberikan penilaian lebih obyektif kepada para siswanya. Pengertian obyektif sebut Muriyasih, adalah penilaian yang menggabungkan prestasi anak dengan sikap mentalnya.

Bisa jadi, kata Asih, anak-anak saat ujian dalam kondisi sakit, sehingga tidak bisa menjawab soal dengan baik. Padahal sebutnya, sehari-harinya mereka punya kemampuan dan prestasi belajar yang baik. "Masa, lantaran nilai ujian yang kurang bagus, padahal anak penya kemampuan, lalu tidak diluluskan," katanya.

Namun menurut Muriyasih, pihaknya siap melaksanakan ujian yang mana pun, baik ujian nasional maupun lokal. Sebab kata Asih, anak-anak sudah dibekali pengetahuan dan kemampuan yang memadai. "Kami tinggal melaksanakan saja. Anak-anak insya Allah sudah siap," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement