Sabtu 21 May 2016 12:19 WIB

Megawati Berbagi Kunci Sukses SBMPTN

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berbagi kunci sukses lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kepada ratusan peserta try out yang digelar partainya.

"Banyak anak-anak kita, yang akan mencoba keberuntungan untuk masuk PTN. Saya sudah melihat cara untuk melakukan ujian, try out ini kira-kira hampir sama akan disajikan pada saatnya ketika ujian masuk PT tersebut," katanya di GOR Ciracas, Jakarta, Sabtu (21/5).

Dia mengharapkan siswa mendaftar ke perguruan tinggi dan bidang yang diminati. Ia menyarankan agar para siswa tidak mendaftar di satu universitas namun membuka lebih banyak peluang lolos SBMPTN.

"Saya berpengalaman, ketika masuk ke dua PT Unpad dan UI, kalau memungkinkan, jangan ambil satu, tetapi ambil dua dengan fakultas yang berbeda. Hal itu membuka ruang untuk memungkinkan untuk bisa berhasil dalam ujian yang ada," ujarnya.

Dia mengatakan soal-soal try out yang ditampilkan merupakan kompilasi dari soal yang muncul dalam ujian SBMPTN selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Menurut dia, hal yang harus dilakukan para siswa adalah jangan sampai salah dalam menjawab pertanyaan dan tetap mengikuti aturan yang berlaku.

"Sehingga yang paling harus jangan salah, kebanyakan siswa tidak berhasil karena tidak mengetahui aturan yang diberikan sehingga banyak kesalahan yang tidak berarti," katanya.

Ia juga mengatakan try out bukan hanya mengejawantahkan kecerdasan para siswa namun bagaimana mereka mengikuti prosedur ujian. Dia berharap para siswa tidak gugup dalam mengerjakan soal try out maupun ujian SBMPTN sebenarnya.

Dalam kesempatan itu, Megawati membuka acara Try Out Nasional yang digagas PDI Perjuangan yang diikuti kurang lebih 200 ribu peserta SLTA/sederajat di 34 Provinsi se-Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement