Selasa 18 Aug 2015 17:30 WIB

Kalbe Pilih 18 Peneliti Cilik

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Suasa olimipiade sains (ilustrasi)
Suasa olimipiade sains (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini mengumumkan 18 finalis Kalbe Junior Scientist Award (KJSA), lomba sains nasional tingkat sekolah dasar 2015. Seleksi yang dilakukan dewan  juri terdiri dari pakar pendidikan dan penelitian memutuskan 18 finalis dari total 811 peserta dinyatakan lulus berdasarkan kriteria ide dan kreatifitas.

"Kalbe secara konsisten menggelar Kalbe Junior Scientist Award sebagai salah satu bentuk kontribusi Kalbe dalam membangun kecintaan akan sains di kalangan anak-anak Indonesia,” kata Kepala Komunikasi Perusahaan PT Kalbe Farma Tbk Herda Pradsmadji, Selasa (18/8).

Kalbe juga bekerja sama dengan Kementerian Ristek dan Dikti untuk mendorong pengembangan sains dan terapannya di tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat akademisi dan peneliti lewat program Ristek Kalbe Scientist Award (RKSA). Kreativitas siswa-siswa SD 18 finalis ini telah menghasilkan karya-karya sains yang menarik  diantaranya Alarm Marka dan Pembatas Rambu Lantas Otomatis, Alat Pendeteksi Dini Asap Kebakaran Lahan dan Hutan, Hand Sanitizer Alami dari Kulit Durian, Matematika Nusantara, Peringatan Dini Gas Habis, hingga Tongkat Tuna Netra.

“Dalam iklim informasi yang  terbuka sekarang, anak-anak dengan mudah mencari referensi mengenai sains, namun uniknya kompetisi ini, yang kami nilai adalah ide dan originalitas karya sains anak-anak dalam memecahkan problem yang mereka hadapi sehari-hari dengan pendekatan sains,’’ ujar Ketua Juri KJSA 2015 LT Handoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement