Senin 01 Jun 2015 17:50 WIB
Hari Pancasila

Peringatan Harlah Pancasila, Mendikbud Harap Tingkatkan Gotong Royong

Rep: c13/ Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan berharap masyarakat Indonesia bisa lebih meningkatkan rasa gotong royong. Pernyataan ini diungkapkannya berkaitan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini, Senin (1/6).

"Kita harus mengembalikan rasa gotong royong," ujar Anies kepada wartawan usai 'Diskusi Kartini dan Belajar Mandiri'di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/6).

Anies menjelaskan, dalam sejarah, Pancasila merupakan hasil pikir dari presiden pertama Indonesia, yakni Soekarno. Menurutnya, ideologi bangsa ini menjadi buah dari perjalanan budaya di Indonesia.

Mendikbud juga berpendapat bahwa intisari dari Pancasila itu berkaitan denga rasa dan tindakan gotong royong. Untuk itu, dia berharap konsep gotong royong ini bisa diterapkan lebih kuat lagi di masyarakat Indonesia.

“Intinya, pada masa kini kita harus menomorsatukan gotong royong pada kehidupan bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ihwal peringatan hari lahirnya pancasila ini juga diperingati oleh pemerintah. Peringatan yang dilalukan di Alun-Alun Kota Blitar tersebut dihadiri oleh pimpinan MPR, Presiden Joko Widodo dan Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, wakil presiden kesebelas Boediono, dan menteri kabinet kerja, serta ribuan masyarakat Blitar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement