Rabu 20 May 2015 14:40 WIB

Kemendikbud Dorong Sekolah Bina Guru Iptek

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011
Foto: Antara
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta agar sekolah-sekolah proaktif mendorong peserta didik untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

"Makanya, saat ini guru Iptek yang berkualitas harus dipersiapkan," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud Achmad Jazidie, Rabu, (20/5).

Ia  berharap, ada kelompok kecil yang hadir di tiap-tiap sekolah untuk melakukan pembinaan bagi guru Iptek. Di tingkat pusat memang sudah ada pelatihan bagi guru, makanya diharapkan agar sekolah dapat membentuk kelompok kecil untuk pembinaan sains dan teknologi di sekiolah.

"Perlu ada semacam mentor yang membina guru iptek ini sehingga mereka bisa menularkan ilmunya ke siswa-siswanya."

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap pelaksanaan OSN bisa berlangsung serentak di satu tempat di semua jenjang pendidikan, "Insya Allah, tahun depan bisa diselenggarakan di tempat yang sama, sehingga bisa secara bersama dilaksanakan," ujarnya.

Tahun ini, sebanyak 2.562 peserta didik akan berkompetisi dalam 24 bidang lomba  OSN. Pembagian bidang lomba itu mencakup bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

Sedangkan, bidang lomba Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Khusus bagi peserta didik anak berkebutuhan khusus, Direktorat Pendidikan Khusus Layanan Khusus Direktorat Pendidikan Menengah mencatatkan terdapat peserta didik dari 32 provinsi yang menjadi delegasi OSN.

Terdapat dua provinsi yang tidak mengirimkan delegasinya, yaitu provinsi Kalimantan Utara, dan Papua Barat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement