Ahad 17 May 2015 14:17 WIB

Cuaca Buruk, Soal Ujian SD Tetap Didistribusi ke Karimunjawa

Peserta Ujian Nasional kesetaraan paket B SMP di SMU 80 Sunter, Jakarta Utara, Senin (4/5).  (Republika/Tahta Aidilla)
Peserta Ujian Nasional kesetaraan paket B SMP di SMU 80 Sunter, Jakarta Utara, Senin (4/5). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Naskah soal ujian akhir sekolah tingkat sekolah dasar untuk Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berhasil didistribusikan meski gelombang ombak di laut setempat cukup tinggi. 

"Pendistribusian naskah soal ujian akhir sekolah (UAS) tingkat sekolah dasar(SD) di Karimunjawa berhasil dilakukan pada Sabtu (16/5) sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba di Karimunjawa pada sore harinya," ujar Ketua Panitia UN Kabupaten Jepara Ali Maftuh di Jepara, Ahad.

Kondisi tersebut, kata dia, sangat mendesak karena awalnya pendistribusian dijadwalkan Jumat (15/5), namun kapal penyeberangan menuju Karimunjawa tertunda akibat cuaca gelombang laut Jepara yang tinggi.

Selanjutnya, kata dia, dicoba melalui Semarang yang informasinya pada Sabtu (16/5) ada kapal yang hendak berangkat menuju Karimunjawa, ternyata tertunda akibat cuaca.

Persoalan tersebut, lanjut dia, dikomunikasikan dengan Dinas Pendidikan Jateng, namun diserahkan sepenuhnya kepada dinas kabupaten setempat.

"Terpaksa kami menggunakan jasa kapal nelayan setempat dan beruntung bisa sampai di Karimunjawa dengan selamat," ujarnya.

Ia memahami adanya larangan beraktivitas di laut saat gelombang tinggi, namun kondisinya sangat mendesak mengingat pelaksanaan ujian sekolah tingkat SD akan dimulai Senin (18/5) sehingga naskah soal UAS harus sudah sampai di Kecamatan Karimunjawa sebelum pelaksanaan.

Upaya pendistribusian menggunakan helikopter, lanjut dia, terkendala biaya yang cukup mahal.

Adapun jumlah peserta ujian askhir sekolah tingkat SD di Kecamatan Karimunjawa sebanyak 167 siswa yang meliputi perempuan 93 orang dan laki-laki 74 orang yang berasal dari 12 SD. Jumlah peserta ujian secara keseluruhan di Kabupate Jepara sebanyak 19.872 siswa.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement