Sabtu 21 Feb 2015 13:28 WIB

Pendidikan Sains Dorong Kemajuan Bangsa

Suasa olimipiade sains (ilustrasi)
Suasa olimipiade sains (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Wardiman Djojonegoro mengatakan kemajuan negara akan tercipta melalui dorongan para guru menghadirkan ilmu sains yang berkualitas bagi siswa. Mendikbud pada 1993 ini mengatakan upaya untuk menguatkan pendidikan sains telah dijalankan beberapa negara meliputi Korea, Jepang, dan China, yang membuktikan manfaat implementasi pengetahuan itu melalui perkembangan cepat negara-negara tersebut.

"Untuk dapat menjadi maju dan bersaing dengan 200 negara lebih di dunia ini, maka kita harus tingkatkan pendidikan sains," kata Wardiman, Sabtu (21/2).

Pengetahuan mengenai sains, menurut dia, sudah perlu diajarkan dengan kualitas baik pada jenjang SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Namun, untuk maju di dunia modern ini bukan hanya pendidikan yang dibutuhkan, peningkatan sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi juga harus diperhatikan. Selain pengetahuan sains yang berkualitas, kompetensi guru juga perlu diberdayakan dengan keterampilan mengajar yang semakin berkembang.

"Oleh karena itu bukan hanya sekolahnya yang bagus, gurunya juga harus bagus," ujar Wardiman.

Ia berharap sains dapat segera dihadirkan dengan cara-cara yang menyenangkan, sehingga minat para siswa tinggi pada materi-materi pelajaran ini. Pengaruh iptek besar saat ini, oleh karena itu pemerintah harus pandai-pandai memajukannya dengan disertai pengembangan SDM Indonesia.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement