Kamis 27 Mar 2014 13:37 WIB

Banyak Anak Indonesia Tidak Mendapat Tumbuh Kembang yang Baik

PAUD Kenanga 17 di Rusunawa Waduk Pluit, Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara
Foto: ist
PAUD Kenanga 17 di Rusunawa Waduk Pluit, Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usia nol hingga enam tahun merupakan tahun emas (golden years) proses tumbuh kembang anak. 80 persen perkembangan vital otak anak ada pada periode ini.

Pemerintah sendiri telah memiliki program yang fokus pada proses tumbuh kembang anak, yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Namun sayangnya masih banyak anak Indonesia yang tidak mendapat proses tumbuh kembang yang baik di usia itu. 

Berdasarkan data, pada tahun 2008, hanya 50 persen anak usia di bawah tujuh tahun yang mendapatkan PAUD. Sedangkan target pemerintah pada 2014 naik menjadi 72 persen. 

"Partisipasi anak pada PAUD harusnya mencapai 100 persen. Karena mereka yang memiliki akses terhadap pendidikan dini memiliki harapan yang lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa yang akan datang," ujar anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Imelda Tanoto. 

Imelda menambahkan, anak-anak yang memiliki akses terhadap pendidikan dini juga akan mengalami perkembangan intelegensi dan kecerdasan sosial yang jauh lebih baik. 

Berangkat dari hal itu, Imelda mengatakan pihaknya bersama Pemda DKI Jakarta meluncurkan pilot project pengelolaan PAUD Kenanga 17 di Rusunawa Waduk Pluit, Muara Baru, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pihaknya membangun infrastrukur PAUD berupa ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, alat peraga edukatif, taman bermain dan sarana olahraga. 

"Juga akan ada pelatihan sembilan tenaga pengajar PAUD selama satu tahun yang nantinya akan dikoordinasikan dengan Pemda DKI dan Kemendikbud," ujar Imelda. "Pelatihan juga akan diberikan kepada masyarakat sekitar fasilitas PAUD agar dapat menjalankan kegiatan yang menghasilkan pendapatan, yang kemudian akan digunakan mendukung operasional PAUD."

Asisten Gubernur DKI Jakarta Bidang Kesejahteraan Masyarakat Bambang Sugiyono dalam peresmian PAUD Kenanga 17, mengatakan, pembangunan PAUD ini sejalan dengan program Gubernur Jokowi untuk mewujudkan Jakarta baru yang moderen dengan warga yang berbudaya dan tinggal di hunian yang layak dan manusiawi. 

"Hal ini patut diapresiasi dan didukung semua pihak karena prakarsa ini sekaligus memajukan PAUD yang bermutu dan bermartabat juga mendukung bangkitnya generasi emas Indonesia pada 2045 atau seabad kemerdekaan Indonesia," ujar Bambang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement