Senin 24 Mar 2014 23:00 WIB

Yogya Tempati Posisi Teratas Peduli PAUD

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Muhammad Hafil
Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi mengatakan, program Satu Desa Satu PAUD yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menuai hasil. Hingga akhir tahun 2013, dari total 77.559 desa di Indonesia, sebanyak  53.832 desa sudah terlayani PAUD. 

“Tingkat ketuntasan nasional program Satu Desa Satu PAUD telah mencapai 69,4 persen. Bahkan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menempati posisi teratas dalam program Satu Desa Satu PAUD," kata Lydia di Jakarta, Senin, (24/3).

Seluruh desa di Yogyakarta, ujar Lydia, telah memiliki PAUD atau tercapai 100 persen. "Ini menunjukkan Yogya memiliki kepedulian teratas terhadap PAUD, "ujarnya.

Baru posisi kedua, kata Lydia,  diikuti oleh Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Program Satu Desa Satu PAUD di Jakarta mencapai 99,6 persen. 

Sebanyak 27 provinsi, terang Lydia,  telah memiliki tingkat ketuntasan PAUD di atas 50 persen. Artinya, lebih dari separuh jumlah desa di provinsi tersebut telah memiliki PAUD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement