Jumat 24 May 2013 21:25 WIB

116 Siswa Mamuju Tak Lulus Ujian Nasional

Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU--Sebanyak 116 siswa dari 8.340 peserta ujian nasional tingkat SMA/MA tahun ajaran 2013 di wilayah provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) tak lulus.

"Berdasarkan data hasil pengumuman UN yang diumumkan serentak hari ini maka diketahui ada 116 siswa dinyatakan gagal UN," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulbar, H Mulyadi Bintaha di Mamuju, Jumat.

Menurutnya, siswa yang tidak lulus UN tersebut menyebar pada lima kabupaten yakni Kabupaten Mamuju, Majene, Polman, Mamasa dan Mamuju Utara. "Saya belum bisa memberikan keterangan secara terperinci. Yang pastinya, masih ada anak didik kita terpaksa gagal UN tahun ini," katanya.

Ia menyampaikan, tingkat kelulusan hasil UN SMA sederajat tahun ini berkisar 96,21 persen atau turun dari tahun sebelumnya dengan capaian 99,83 persen.

"Jika melihat capaian tingkat kelulusan UN Sulbar tahun ini maka tentu kita masih dibawa dari rata-rata kelulusan nasional sekitar 99,48 persen," ungkap Mulyadi.

Mulyadi yang juga ketua PGRI Sulbar menyampaikan, apa yang menjadi pemicu sehingga hasil UN tahun ini terpuruk dari capaian tahun sebelumnya.

"Nanti kita lihat apa pemicunya setelah dilakukan evaluasi. Bisa jadi persentasenya tinggi akibat ada siswa yang terdaftar ternyata tidak ikut UN atau karena ada hal lain," ujarnya.

Yang jelas kata dia, penilaian hasil UN ini merupakan akumulasi dari pelaksanaan ujian sekolah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement