Jumat 24 May 2013 20:49 WIB

Peraih UN Tertinggi Sumsel Ingin Masuk FK UI

Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Salah satu peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi tingkat SMA se Sumatera Selatan, Dela Ulfiarakhma, ingin menjadi dokter dan memilih Universitas Indonesia untuk tempat menimbah ilmu kedokteran tersebut.

"Saya sudah mengikuti tes di Fakultas Kedokteran UI jalur undangan dan terus berdoa agar diterima," kata lulusan SMA Negeri 17 Palembang jurusan IPA Dela Ulfiarakhma di Palembang, Jumat.

Dela adalah anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Sahlan Efendi dengan Dewi Sartika mengakui kalau keberhasilannya meraih nilai 57,00 berkat kerja keras dan cerdas serta doa orang tuanya.

Kiat belajar yang sejak duduk di sekolah dasar relatif sama dengan pelajar lain, hanya saja kerja keras dan cerdas untuk mencapai target menjadi motivasi tersendiri. Ia mengaku bersyukur ketika mencapai target juga sangat penting selain kerja keras dan cerdas.

Karena itu, sejak SD, SMP dan SMA berhasil berprestasi dengan meraih nilai tinggi.

Ia mengatakan, dukungan orang tua dari sang ayah yang berprofesi sebagai hakim di Pengadilan Negeri Kotabumi, Lampung, dan sang ibu yang pernah bekerja di bank pemerintah nasional menjadi kunci keberhasilan.

Orang tuanya, kata dia, terus menerus mendorong agar anak-anaknya berprestasi dari berbagai bidang dengan dukungan materi dan mentalitas.

Dia menjelaskan, sejak sekolah dasar sampai SMA ia menempuh pendidikan di sekolah unggul. Lembaga pendidikan itu adalah, SD Negeri 117, SMP Negeri 9 dan lulus SMA Negeri 17, kata siswi yang sangat menyenangi mata pelajaran kimia itu.

Dela menambahkan, sebenarnya dirinya telah diterima di Fakultas MIPA UI dari jalur olimpiade.

Namun, keinginan besar menjadi dokter membuat dia sampai kini masih menunggu pengumuman tes yang telah diikutinya.

Sementara selain Dela, siswa SMA Negeri 17, Rainy Syafitri Indahsari juga meraih nilai UN tertinggi jurusan IPS dengan nilai 54,10. Sedangkan peraih nilai tertinggi SMK Ahmad Malik Abdul Aziz 37.70 dari SMK Negeri 2 Palembang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement