Jumat 01 Feb 2013 09:30 WIB

Muna Rintis SLTP Hijau

Sejumlah pelajar SMPN 7 Bandung mengirim pesan singkat kampanye dukungan Komodo, Jawa Barat, Kamis (27/10).
Foto: Antara/Agus Bebeng
Sejumlah pelajar SMPN 7 Bandung mengirim pesan singkat kampanye dukungan Komodo, Jawa Barat, Kamis (27/10).

REPUBLIKA.CO.ID,RAHA--Sebuah sekolah tingkat pertama (SLTP) di Kabupaten Muna, Ibu kota Raha, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai tahun 2013 menerapkan program sekolah hijau (green school).

Kepala SLTP Negeri I Raha, Kabupaten Muna, La Pamili di Raha, mengatakan, penerapan sekolah hijau di lingkungan sekolah itu mulai dirintis sejak setahun lalu namun penerapannya baru akan dilaksanakan di tahun ini.

"Syarat-syarat menjadikan sekolah hijau, SLTP negeri I Raha ini sudah memenuhi syarat, baik dari lingkungan sekolah, kesadaran siswa akan pentingnya kesadaran menjaga lingkungan hidup yang ramah, bersih, asri dan kawasannya berwawasan lingkungan," katanya.

Ia mengatakan, adapun program sekolah hijau itu adalah sekolah yang warganya (siswanya) memiliki kesadaran lingkungan hidup untuk mewujudkan perilaku yang ramah lingkungan guna meningkatkan mutu hidup secara berkelanjutan.

Beberapa keuntungan dari program sekolah hijau yang sudah dirintis sejak dahulu adalah sekolah selalu dijaga kebersihannya, teduh, asri dan kaya oksigen.

Di SLTP negeri I Raha dengan areal lahan hampir satu hektare itu, kini memiliki 11 gedung unit sehingga wajar bila SMP tertua di Kabupaten Muna itu menjadi pertama menerapkan sebagai program 'green school'.

Selain itu, kata La Pamili, SLTP I Raha yang berdiri sejak tahun 1957 telah memiliki alumni ribuan orang termasuk dirinya sebagai alumni di era tahun 80-an, sehingga tidak heran bila sekolah itu sudah memiliki jaringan luas, termasuk metode penerapan mengajar selama ini sudah diterapkan sesuai dengan standar nasional.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement