Kamis 17 May 2018 15:05 WIB

Di UAD, Mahasiswa Non-Muslim Peroleh Dispensasi

UAD juga tidak melarang jika mereka mau mengikuti kegiatan tahsin Alquran maupun AIK

Rep: MgROL 14/ Red: Fernan Rahadi
Kampus Universitas Ahmad Dahlan.
Foto: multiply.com
Kampus Universitas Ahmad Dahlan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Meskipun merupakan perguruan tinggi berbasis Islam, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta tetap menerima mahasiswa non Muslim. Di perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) ini, mahasiswa non-Muslim tidak diwajibkan mengikuti tahsin Alquran maupun perkuliahan al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK).

Kepala Pusat AIK dan Layanan Sosial Keagamaan Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) UAD, Nur Kholis Arman Maimun, mengungkapkan, UAD juga tidak melarang jika mereka mau mengikuti kegiatan tahsin Alquran maupun AIK. 

“Kami tidak mewajibkan, tetapi kami juga tidak melarang. Mereka diperbolehkan untuk belajar,” katanya, Selasa (15/5). Apabila akan mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) atau ujian pendadaran, mereka cukup datang ke LPSI dan akan diberi surat keterangan. Mahasiswa non-Muslim tidak memerlukan sertifikat.

Terkait tahsin Alquran, saat ini mayoritas mahasiswa UAD sudah banyak yang lulus tes dari 1 periode pembimbingan. Presentase yang tidak lulus sekitar 0,3 persen. Artinya lebih dari 99 persen mahasiswa UAD mampu membaca alquran dengan baik dan benar.

Pada tahun ini, UAD meningkatkan sasaran mutu lulusan yang mendapat nilai A tahsin alquran dari 5 menjadi 9 persen. “Ini bertujuan untuk membuktikan bahwa UAD adalah perguruan tinggi yang peduli terhadap mahasiswa. Jadi ada keseimbangan antara keilmuan secara umum dan keagamaan,” jelas Nur Kholis ketika diwawancarai di ruang takmir masjid Islamic Center UAD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement