Rabu 09 May 2018 15:57 WIB

30 Persen Investor Pasar Modal DIY Merupakan Mahasiswa

DIY memiliki 35 Galeri Investasi BEI.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Kepala Kantor Perwakilan  Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, Irfan Noor Riza.
Foto: Wahyu Suryana / Republika
Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Yogyakarta, Irfan Noor Riza.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Bursa Efek Indonesia (BEI) baru meresmikan Galeri Investasi di Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta. Kepala BEI Kantor Perwakilan Yogyakarta, Irfan Noor Riza mengatakan, ini jadi galeri ke-35 yang resmi dibangun.

"Universitas Amikom adalah galeri ke-35 di DIY," kata Irfan kepada Republika, Rabu (9/5).

Ia menerangkan, BEI memang sudah mengembangkan kerja sama dengan kampus-kampus yang ada, dan cukup senang dengan pertumbuhan yang ada. Dari empat galeri investasi pada 2009, kini DIY memiliki 35 Galeri Investasi BEI.

Irfan merasa, ini merupakan capaian yang cukup membanggakan, lantaran animo dari mahasiswa turut mengalami pertumbuhan pesat. Artinya, ada peningkatan keinginan mengenal investasi pasar modal di kalangan kampus.

"Bicara jumlah investor, 2009 itu DIY baru mencapai 900an investor, tapi Maret 2018 kemarin investor DIY mencapai 32.359, ini pertumbuhannya cukup bagus, sangat bagus menurut kami dan 30 persennya adalah mahasiswa," ujar Irfan.

Artinya, lanjut Irfan, mahasiswa DIY sudah cukup banyak yang sadar investasi pasar modal. Ia menilai, mereka akan menjadi kepanjangan tangan BEI karena 4-6 tahun ke depan akan kembali ke daerah masing-masing.

Tentunya, mereka akan menyiarkan ilmu atau pengetahuan pasar modal ini kepada kerabat, saudara, sahat, kawan maupun masyarakat sekitarnya. Secara tidak langsung, mereka akan menumbuhkan kesadaran Indonesia tentang investasi pasar modal.

"Sehingga, semangat kami untuk membuat masyarakat Indonesia melek investasi di pasar modal akan tercapai," kata Irfan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement