Selasa 08 May 2018 16:11 WIB

UI Jadi Kampus Paling Diminati dalam SBMPTN 2018

Total 52.591 pendaftaran ke UI

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Calon mahasiswa mengikuti tes pada Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri Computer Basic Test (SMBPTN-CBT) di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Selasa (31/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Calon mahasiswa mengikuti tes pada Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri Computer Basic Test (SMBPTN-CBT) di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Selasa (31/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SN PMBPTN) Ravik Karsidi mengatakan, Universitas Indonesia menjadi kampus paling diminati pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 yaitu dengan total 52.591 pendaftar. Sedangkan di posisi kedua, ditempati oleh Universitas Gadjah Mada dengan total 46.095 pendaftar.

 

Ravik melanjutkan, untuk posisi ketiga paling diminati adalah UniversitasPadjadjaran yaitu 44.138 peserta, keempat Universitas Brawijaya ada 36.468peserta, serta kelima ditempati Universitas Hasanuddin sebanyak 35.253 peserta

 

Tahun ini UI tempati posisi pertama paling diminati, dan disusul pada posisi kedua oleh UGM," kata Ravik kepada Republika, Selasa (8/5).

 

Sementara itu merujuk pada data statistik, padapenyelenggaraan SBMPTN tahun 2018 peserta terbanyak berada di panitia lokal(Panlok ) 30 Jakarta. Lalu peserta terbanyak kedua, terdapat di panlok 14 Medanyang diikuti oleh 63.357 peserta. Adapun peserta terbanyak ketiga terdapat di panlok50 Surabaya dengan diikuti oleh 56.069 peserta.

 

Kemudian untuk posisi keempat peserta terbanyak, ada di Panlok 34-Bandung dengandiikuti 56.069 peserta dan peserta kelima terbanyak ada di Panlok 82 Makassardengan diikuti 51.800 peserta, jelas Ravik.

 

SBMPTN merupakan sistem ujian saringan masuk perguruantinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional oleh sebuah panitia terpusatyang ditunjuk Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Ujiantertulis SBMPTN 2018 akan dilaksanakan serentak dan terpadu pada waktu dan hariyang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia.

 

SBMPTN diselenggarakan serentak pada, Selasa (8/5),oleh perguruan tinggi negeri (PTN) seluruh Indonesia di bawah KementerianKemenristekdikti dan Kementerian Agama. SBMPTN diikuti 85 PTN yang dibagi dalam42 panlok di bawah koordinasi panitia pusat (Universitas Sebelas Maret).

 

Adapun untuk hasil ujian SBMPTN 2018 akan diumumkan pada hariSelasa, 3 Juli 2018 mulaipukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id dan laman mirror:

 

http://sbmptn.unand.ac.idhttp://sbmptn.undip.ac.id

 

http://sbmptn.unsri.ac.id http://sbmptn.its.ac.id

 

http://sbmptn.untan.ac.id http://sbmptn.ugm.ac.id

 

http://sbmptn.ui.ac.id http://sbmptn.unair.ac.id

 

http://sbmptn.ipb.ac.id http://sbmptn.unhas.ac.id

 

http://sbmptn.itb.ac.id http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement