Senin 23 Apr 2018 21:55 WIB

Universitas Australia Berikan Beasiswa di PT Islam

Dimana setiap tahunnya sebanyak 100 orang mendapatkan beasiswa ini.

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)
Foto: theguardian.com
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengajar, CQ University Australia akan memberikan beasiswa kepada 500 dosen di Perguruan Tinggi Kementerian Agama (Kemenang). Dimana setiap tahunnya sebanyak 100 orang mendapatkan beasiswa ini. Rencananya, beasiswa akan rutin dilakukan selama lima tahun ke depan.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenang Kamaruddin Amin mengatakan langkah ini merupakan bentuk upaya bersama antara pihaknya dengan CQ University Australia guna mewujudkan komitmen bersama dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, khususnya pada pendidikan tinggi di Indonesia. "Saat ini jumlah perguruan tinggi di tanah air cukup banyak dengan pengajar yang jumlahnya ribuan, namun pemerintah memiliki pekerjaan rumah dengan keterbatasan dalam hal kualitas SDM. Dengan kerjasama ini diharapkan maka kualitas SDM pengajar di perguruan tinggi dapat ditingkatkan," kata Kamaruddin dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Jakarta, Senin (23/4).

Menurutnya, bentuk kerja sama ini bukan hanya memberikan beasiswa dengan mengirim dosen mendapatkan gelar PhD di CQ University Australia, namun juga terbuka untuk penelitian bersama antara perguruan tinggi dibawah Kemenag dengan CQ University Australia. Kamaruddin mengakui saat ini banyak penelitian yang bisa dikolaborasikan seperti di Universitas Islam Nasional (UIN) di seluruh Indonesia pada fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Tehnik dan lainnya.

"Pengiriman mahasiswa ini akan kami lakukan segera pada tahun ini. Program beasiswa untuk S3 bagi dosen yang akan mengambil gelar PhD di fakultas di CQ University Australia," katanya.

Sementara itu, Senior Deputy Vice-Chancellor and Vice-President International and Services CQ University Australia, Alastair Dawson menambahkan untuk tahap awalnya pemberian beasiswa dilakukan kepada 100 mahasiswa dari PT di bawah Kemenag untuk mendapatkan gelar PhD. Diharapkan akan berlanjut hingga lima tahun dengan jumlah mahasiswa ditargetkan sebanyak 500 orang.

"Melalui MoU yang kami tanda tangani ini CQ University Australia dengan senang hati menerima mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya dan meraih cita-cita dengan mendapatkan gelar PhD," katanya.

Dawson juga mengaskan beasiswa ini diharapkan akan membantu mendukung pemerintah mengatasai masalah SDM pengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas Mahasiswa di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement