Rabu 18 Apr 2018 17:12 WIB

Mahasiswa Ditantang Ciptakan Inovasi Bisnis dan Produk

Hal ini sebagai bagian dari ajang "Pertamina Goes to Campus"

Mahasiswa Teknik saat praktik di laboratorium.
Foto: Dokumen
Mahasiswa Teknik saat praktik di laboratorium.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Sebagai bagian dari upaya mendorong kreatifitas para mahasiswa di Kalimantan, Pertamina menggelar kegiatan bertajuk "Pertamina Goes to Campus". Kegiatan ini akan melibatkan ribuan mahasiswa yang ada di Pulau Kalimantan, dengan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) sebagai lokasi pertama penyelenggaraan pada Kamis (19/4) esok.

Region Manager Com & CSR Pertamina Kalimantan, Yudy Nugraha mengatakan, ajang ini diharapkan menstimulus kemampuan mahasiswa serta memberikan gambaran kepada mahasiswa terkait dunia kerja.

“CSR Pertamina memiliki empat pilar, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Ajang ini menjadi salah satu bagian dari empat pilar tersebut, yakni pendidikan,” ujar Yudi dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4).

Ia mengatakan, kegiatan "Pertamina Goes to Campus" akan diisi dengan beragam agenda. Diantaranya talkshow mengenai dunia kerja dengan menghadirkan narasumber HR recuiter sekaligus psikolog.

Dalam talkshow ini peserta akan diberi 'bocoran' atas apa yang menjadi pemikiran HR dalam merekrut pegawai.

“Kami juga memberikan materi mengenai edukasi energi secara global di masa depan. Dan bagaimana peranan mahasiswa sebagai energi masa depan Indonesia menghadapi tantangan global,” ujarnya.

Pertamina juga menggelar perlombaan bisnis dan inovasi bertajuk Bingo (Business Plan & Product Innovation).

"Perlombaan ini akan dilakukan hingga Desember. Pesertanya dari tiap kampus yang menjadi tuan rumah. Bagi pemenang terpilih kami akan memberikan bantuan dana untuk mengembangkan bisnis mereka,” ujar Yudy.

Presiden BEM Polnes Fanriston Riko Roradi menyambut positif telah dipilih sebagai salah satu kampus yang akan didatangi Pertamina.

“Mengawali kerja sama ini, kami berharap Polnes bisa menjalin hubungan yang baik dengan Pertamina. Khususnya untuk praktek kerja lapangan dan lapangan pekerjaan setelah kami lulus. Kami harap ini adalah awal yang baik,” serunya.

Selain di Polnes, nantinya Pertamina Goes to Campus juga akan digelar di berbagai perguruan tinggi di Kalimantan, seperti Institut Teknologi Negeri Kalimantan (ITK) dan Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement