Jumat 13 Apr 2018 20:09 WIB

Pameran Karya Seni Alumni ITB Diadakan di Jakarta

Proses persilangan menjadi salah satu ciri khas seniman ITB

Institut Teknologi Bandung
Foto: Flickriver.com/Ikhlasul Amal
Institut Teknologi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Menuju 100 tahun ITB bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB menggelar "Pameran Karya Seni Alumni ITB Integrasi: Hybrid, Teknologi-Sains-Seni” pada 16-20 April mendatang di Mezzanine, The Energy Building, SCBD, Jakarta. Pameran yang diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menuju 100 tahun ITB ini diikuti oleh 33 seniman dan menampilkan 36 karya. 

"Tema Integrasi: Hybrid Teknologi-Sains-Seni dipilih oleh Danuh Tyas Pradipta sebagai kurator untuk menunjukkan bahwa proses hybridization (persilangan) menjadi salah satu ciri khas seniman-seniman ITB saat ini," ujar panitia acara tersebut, Anggi Nurjihan, dalam siaran persnya, Jumat (13/4).

Dalam proses penciptaan karyanya, lanjut dia, para seniman tidak sekedar memanfaatkan pengetahuan dalam dunia seni rupa, tetapi juga memanfaatkan pengetahuan pada bidang lainnya. Akibatnya, terbentuklah karya-karya yang merupakan hasil dari perluasan medium, persilangan gagasan, atau juga pengembangan metode. 

Dalam perkembangan seni rupa saat ini banyak karya hasil dari perluasan medium atau pengaplikasian teknologi maju dalam berbagai bentuk karya seni. Seperti seni video,bunyi, dan karya-karya yang menggunakan teknologi sensor.

Meskipun didominasi oleh karya-karya dari seniman muda, pameran ini juga menghadirkan beberapa karya seniman senior. Dengan ditampilkannya karya-karya tersebut, diharapkan pengunjung yang hadir dapat melihat album perjalanan karya seni alumni ITB dari masa ke masa. Tak hanya itu, pameran ini juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk mengenalkan karya-karya dari alumni ITB, terutama seniman-seniman muda, kepada para kolektor dan penikmat seni. 

"Nantinya, sebagian uang hasil penjualan karya akan disumbangkan untuk Dana Lestari ITB," tutup Anggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement