Jumat 23 Mar 2018 16:13 WIB

Peneliti Indonesia Singapura Join Riset Eksplorasi Laut Jawa

Kerjasama Indonesia dan Singapura ini bertepatan dengan 51 tahun hubungan diplomatik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Taman Bawah Laut Pahawang. Pulau Pahawang merupakan satu dari beberapa pulau kecil di Teluk Lampung.
Foto: Republika/Prayogi
Taman Bawah Laut Pahawang. Pulau Pahawang merupakan satu dari beberapa pulau kecil di Teluk Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebanyak 31 peneliti yang terdiri dari 14 peneliti Indonesia dan 17 peneliti Singapura bekerja sama melakukan eksplorasi biologis laut dalam di perairan laut Jawa. Kerjasama yang terjalin antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan National University of Singapore (NUS) tersebut bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan alam bawah laut Indonesia.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan riset potensi kekayaan alam bawah laut sangat penting untuk dikembangkan. Nasir berharap terjalinnya kerja sama antara Indonesia dan Singapura ini dapat meningkatkan interaksi antar ilmuwan dari Indonesia dan Singapura, serta bermanfaat bagi kekayaan intelektual kedua negara, terutama dalam bidang ilmu kelautan.

"Saya sangat mengapriasi LIPI menjadi tuan rumah Kick Off South Java Deep Sea Expedition. Saya berharap kegiatan ini akan menstimulasi upaya kita dalam memanfaatkan sumber daya laut Indonesia dan dapat digunakan sebaik-baiknya. Semoga kolaborasi penelitian ini akan memberikan dampak positif bagi kedua pihak, baik Indonesia maupun Singapura," kata Nasir melalui siaran pers kepada Republika.co.id, Jumat (23/3).

Nasir mengungkapkan saat ini Indonesia masih berada di Peringkat 3 ASEAN dalam hal publikasi internasional. Pemerintah akan terus mendukung kegiatan penelitian demi meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

"Kami baru saja menyelesaikan undang-undang paten bagi peneliti dan perusahan penelitian yang bertujuan membantu peneliti untuk fokus pada penelitian mereka. Dan memproses Keputusan Presiden dalam rencana pembangunan nasional oleh pemerintah dan memberi tempat untuk energi, makanan, kesehatan, transportasi, ilmu sosial, pendidikan dan kemanusiaan, serta pengembangan kelautan," kata dia.

Kerjasama Indonesia dan Singapura ini bertepatan dengan peringatan 51 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura. Duta besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan cerminan dari hubungan jangka panjang yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement