Kamis 22 Mar 2018 19:00 WIB

Mahasiswa IPB Gelar Try Out SBMPTN Gratis untuk Anak Petani

Try Out ini dihadiri siswa-siswa SMA yang berlatar belakang keluarga petani

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Try Out IPB untuk pelajar dari keluarga petani,
Foto: Dok. Humas IPB
Try Out IPB untuk pelajar dari keluarga petani,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mahasiswa IPB yang tergabung dalam Gerakan Cinta Anak Tani (GCAT) IPB, sebuah gerakan peduli pendidikan anak petani mengadakan uji coba tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) gratis.

Try Out ini dihadiri siswa-siswa SMA  prestatif yang berlatar belakang keluarga petani dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri  1 Tenjolaya. SMA Negeri 1 Pamijahan, SMA Negeri 1 Cibungbulang, SMA Negeri 1 Leuwiliang, SMA Negeri 1 Ciampea, dan SMA  Negeri 1 Dramaga bertempat di Ruang Seminar Agribisnis, Kampus IPB Dramaga Bogor, Minggu (11/3).

 

“Dalam Try Out ini ada tiga jenis soal yang diujikan yaitu mata pelajaran rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Tujuan dari diadakannya Try Out gratis ini adalah untuk membuat adik-adik Penerima Manfaat (PM) GCAT dapat mengenal dan memahami kondisi riil soal saat tes. Oleh karena itu, lembar jawaban komputer (LJK) tiruan, sistem dan waktu yang digunakan menyesuaikan dengan sistem tes yang sebenarnya”, kata Yusuf Syakir, Ketua Pelaksana.

 

Yusuf yang juga merupakan mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian IPB angkatan 2014 ini menyatakan bahwa tes ini digelar dengan bertujuan memetakan kemampuan PM GCAT dalam menyelesaikan soal SBMPTN, sehingga kelak saat pembinaan intensif SBMPTN pasca Ujian Nasional (UN) pengajaran yang diberikan dapat disesuaikan.

 

Ia juga menambahkan, “Adik-adik GCAT sebagian besar menargetkan IPB sebagai kampus impian mereka setelah lulus SMA. Adanya tes ini juga menjadi referensi kami selaku volunteer untuk memberikan konsultasi kepada adik-adik dalam memilih jurusan di IPB.”

 

Harapan dari adanya tes uji coba ini ialah agar PM GCAT dapat menjadi siswa yang berani, karena adanya Try Out melatih mental dalam menghadapi tes yang sebenarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement