Minggu, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

Minggu, 6 Sya'ban 1439 / 22 April 2018

KPU-UI Gelar Acara Rock the Vote Indonesia

Ahad 18 Maret 2018 10:31 WIB

Red: Andri Saubani

Chusnul Mariyah

Chusnul Mariyah

Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Kegiatan ini menjadi sarana kaum muda untuk belajar demokrasi, politik, dan pemilu.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat menggelar acara "Rock The Vote Indonesia". Kegiatan ini menjadi sarana kaum muda untuk belajar demokrasi, politik, dan pemilu.

"Kami fokus untuk memberikan pencerahan kepada kaum muda yang berusia 17-29 tahun," kata Presiden Direktur CEPP UI Chusnul Mar'iyah sebelum dimulainya acara tersebut di Taman Lingkar Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, UI Depok, Ahad (18/3).

Generasi muda atau generasi mileneal ini, kata Chusnul, lebih cenderung sinis terhadap politik. Sehingga, perlu diberi pencerahan atau pemahaman yang baik tentang pemilu yang akan berdampak pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tentunya generasi muda ini akan menerima kempemimpinan selanjutnya, jadi perlu diberi pemahaman, katanya.

Chusnul mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut telah banyak dilakukan yang diharapkan kaum muda ini mengetahui bagaimana caranya pemilu bebas dan jujur, serta bebas dari politik uang. "Kami harap hasil pemilu bisa melahirkan pemimpin yang diharapkan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pusat Pramono mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya KPU menghandeng komunitas dari perguruan tinggi untuk sosialisasi generasi mileneal. Mereka, kata dia, dianggap melek teknologi tapi apatis, jumlah besar tapi tak peduli.

Untuk itu jika mereka ini tak peduli dan tak berpartisipasi pilkada, kepercayaan publik akan turun jadi perlu upaya kreatif generasi milineal pentingnya suara mereka untuk masa depan bangsa negara. "Kaum muda jangan berpikir untuk diri sendiri saja tetap lebih luas untuk kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES