Kamis 15 Mar 2018 08:26 WIB

IPB-Al Azhar Lakukan Kerja Sama

Kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
IPB
IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) melakukan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Rektor IPB, Prof Arif Satria, dan Rektor UAI, Prof Asep Saefuddin, Rabu (14/3) di Auditorium Arifin Panigoro, Kampus Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta.

Rektor UAI, Prof Asep Saefuddin, menyampaikan dengan kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. UAI juga berencana mendirikan program studi (prodi) yang baru yaitu Prodi Gizi.

"Harapannya IPB dapat mendukung berdirinya Prodi Gizi sehingga dapat menjadi Pusat Kajian Gizi Perkotaan bertaraf nasional, regional maupun internasional, dan meningkatkan kualitas serta kuantitas sumberdaya manusia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) bidang gizi," ujar Prof. Asep dalam keterangan yang didapat Republika, Kamis (15/3).

Sementara itu Rektor IPB Dr. Arif Satria mengatakan, akan mendukung langsung terwujudnya pendirian prodi baru di Universitas Al Azhar Indonesia. UAI nantinya dapat menghasilkan sarjana gizi yang mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan serta mengikuti perkembangan IPTEK di bidang gizi dan kesehatan, ujarnya.

Dr. Arif menambahkan, perguruan tinggi ke depannya harus bersiap menghadapi era disruption. Era dimana banyak gangguan peradaban yang diakibatkan perubahan yang makin sering terjadi.

Salah satu pendorong perubahan tersebut adalah kemajuan di bidang teknologi, demografi, lingkungan, dan geopolitik yang juga mengubah lanskap pendidikan tinggi kita. "Tentu saja perubahan yang terjadi harus disikapi dengan bijaksana agar perguruan tinggi mampu menanggapi tantangan jaman," ujar Dr. Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement