Senin 12 Mar 2018 15:49 WIB

UNS Berikan Penghargaan kepada Wapres Jusuf Kalla

JK dianggap berhasil menyelesaikan konflik-konflik di beberapa daerah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Gita Amanda
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, Solo -- Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) memberikan penghargaan "Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya", yang berarti penghargaan tertinggi atas jasa-jasa di bidang sosial dan kemanusiaan bagi Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK). Award tersebut diberikan saat sidang senat terbuka yang merupakan puncak dies natalis ke-42 UNS, Senin (12/3).

Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan, penghargaan tertinggi tersebut diberikan karena JK dianggap berhasil menyelesaikan konflik-konflik di beberapa daerah dengan baik. JK dianggap bertangan dingin sehingga perpecahan tidak terjadi.

"Misalnya JK berhasil mendamaikan konflik di Aceh, Ketua Dewan Masjid Indonesia, juga sukses jadi Pemimpin PMI," kata Ravik melalui siaran pers kepada Republika.co.id, Senin (12/3).

Penghargaan tersebut juga disambut baik oleh JK. Menurut JK, masalah kemanusiaan bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun, sudah sepantasnya diselesaikan oleh seluruh masyarakat.

"Terimakasih. Bagi saya, masalah kemanusiaan bukan hanya tugas Pemerintah saja, tetapi amanah kepada kita sebagai manusia untuk mendamaikan sesama manusia. Itu juga merupakan amal ibadah dalam agama," kata JK. Dalam acara sidang senat yang berlangsung khidmat tersebut juga diberikan penganugerahan serta penghargaan kepada 11 alumni berprestasi.

Selain itu, JK dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir juga sempat melihat display baterai lithium yang merupakan salah satu unggulan hasil riset UNS. Serta secara simbolis dilakukan penanaman pohon pala di depan area gedung Rektorat UNS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement