Ahad 25 Feb 2018 19:09 WIB

Mahasiswa Sukabumi Didorong Buat Artikel di Media Massa

Hal ini untuk mengasah kemampuan menulis dan meningkatkan budaya membaca.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Mahasiswa.
Foto: Reuters/Patrick T Fallon
Ilustrasi Mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Para mahasiswa di Kota Sukabumi didorong untuk mampu menulis artikel atau opini di media massa atau koran. Hal ini untuk mengasah kemampuan menulis dan meningkatkan budaya membaca.

"Mahasiswa di Sukabumi khususnya Universitas Muhammadiyah Sukabumi didorong untuk mampu menulis artikel atau opini," ujar Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi Yanti Sundari, kepada wartawan, Ahad (25/2). Upaya tersebut kata dia dilakukan dengan mengadakan pelatihan yang melibatkan jurnalis di harian umum Republika.

Menurut Yanti, kemampuan menulis artikel ini harus ditunjang dengan kebiasaan membaca buku dan literatur lainnya. Sehingga kata dia para mahasiwa mempunyai pemahaman yang baik mengenai suatu permasalahan.

Yanti menerangkan, pelatihan menulis artikel merupakan bagian dari kegiatan komunitas baca Library Lover Community (LLC). Komunitas ini lanjut dia terdiri dari puluhan mahasiswa berbagai jurusan yang tertarik pada kegiatan membaca buku.

Selain pelatihan menulis artikel lanjut Yanti, komunitas LLC dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sukabumi menggiatkan bedah buku. Acara ini kata dia dapat menumbuhkan kembali semangat membaca khususnya kepada seluruh mahasiswa.

Mahasiswa juga ungkap Yanti diharapakan memiliki jiwa sosial yang tinggi untuk membantu mereka yang kekurangan dengan mendonasikan bukunya di Book Donation. Hasil book donation ini misalnya diberikan kepada taman baca masyarakat Gentong yang terletak di daerah Sukaraja Kabupaten Sukabumi pada 2017 lalu.

Salah seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi Hilda S mengatakan, ia mencoba menulis artikel sesuai dengan jurusannya di bidang pendidikan. "Selepas pelatihan akan menulis mengenai masalah ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang sebentar lagi digelar di tingkat SMA," cetus dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement