Senin 19 Feb 2018 16:00 WIB

UNS Ikut Kejuaraan Mobil Hemat Energi Tingkat Asia

Bengawan Team UNS meraih peringkat keempat di Shell Eco-marathon Asia 2017.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tim Bengawan UNS.
Foto: ist
Tim Bengawan UNS.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bengawan Tim UNS kembali berlaga di kejuaraan Shell Eco-Maratho Asia 2018. Ajang ini berlangsung di Singapura pada 8 hingga 11 Maret mendatang.

UNS menerjunkan dua tim di kejuaraan tersebut.  Bengawan Team 1 dengan bahan bakar gasoline dan Bengawan Team 2 dengan bahan bakar diesel. Kedua tim tersebut akan mengikuti kompetisi dalam kategori ICE.

Bengawan Team UNS sempat meraih prestasi di Shell Eco-marathon Asia 2017 dengan menempati posisi keempat dalam kategori ICE, serta berhasil finish di posisi kedua di dalam Drivers World Championship Asia 2017. Bengawan team UNS juga menjadi runner up di Drivers World Championship di London, Inggris pada tahun yang sama.

"Kita akan buktikan lagi tahun ini. Anda bisa menang di tingkat Asia dan Anda pasti bisa menang di tingkat dunia," tutur Rektor UNS Ravik Karsidi saat melepas keberangkatan Bengawan Team UNS pada Senin (19/2).

Ravik pun mengatakan kampus bakal membiayai keberangkatan dan segala keperluan team Bengawan UNS selama mengikuti kejuaraan. Tak hanya itu, jelas dia, kampus siap membiayai team Bengawan UNS jika sukses melenggang ke London untuk mengikuti kejuaraan tingkat dunia. "Yang terpenting adalah percaya diri dan fokus pada detik-detik terakhir," katanya.

Dalam kejuaraan tersebut, peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ternama di Asia,  harus membuat kendaraan yang hemat energi dan dapat beroperasi dalam waktu lama.

Beberapa kategori bahan bakar yang digunakan meliputi ICE (Internal Combustion Engine), Hydrogen dan Battery Electric. Kompetisi ini dilakukan secara tahunan di Asia, Eropa dan Amerika, dan pemenang dari masing-masing regional akan dikompetisikan dalam Drivers World Championship di London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement