Jumat 16 Feb 2018 16:32 WIB

Universitas Airlangga Bakal Bangun Kampus E di Gresik Utara

Pembangunan kampus E Unair bertujuan untuk memajukan wilayah Gresik utara.

Rep: dadang kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
UNiversitas Airlangga
Foto: studiosakrip.com
UNiversitas Airlangga

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Galasari Gunung Sejahtera sebagai mitra kerja sama menggelar pertemuan dengan pihak Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Pertemuan adalah dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama tentang pendayagunaan tanah dan kerja sama terkait rencana pembangunan kampus E Unair yang berada di wilayah Gresik utara

Djauhar Arifin selaku Komisaris PT Galasari Gunung Sejahtera mengatakan, pembangunan kampus E Unair bertujuan untuk memajukan wilayah Gresik utara. Pihaknya telah mendapat dukungan dari pemerintah, baik bupati dan gubernur, untuk membangun kampus Unair di Gresik.

"Ini sudah kita rintis sejak dua tahun yang lalu. Dapat tugas dari gubernur dan bupati, serta didukung pemerintah pusat untuk membangun kawasan Gresik utara," ujar Arifin, dalam siaran persnya, Jumat (16/2).

Tanah yang dihibahkan PT Galasari Gunung Sejahtera untuk pembangunan kampus E Unair seluas 50 hektare, yang lima hektare di antaranya akan dibangun teaching farm Fakultas Kedokteran Hewan (FKH). "Intinya bagi saya sebagai putra daerah, menghibahkan aset saya kepada Unair. Sudah ada waduknya, sudah ada risetnya. harapan saya, kampus E Unair bisa berkembang di sana," ujar Arifin.

Dengan pembangunan kampus E Unair itu, Arifin berharap wilayah Gresik utara dapat sejajar kemajuannya dengan Gresik selatan. Ibarat Universitas Indonesia, ia ingin kampus E di Gresik utara nantinya dapat sejajar dengan kampus yang ada di Surabaya.

"Kalau sudah berjalan, harapan saya seperti UI. Depok-nya ada di Gresik utara, Salemba-nya ada di Surabaya. Kalau itu jadi, otomatis Gresik utara sejajar dengan Gresik selatan dan provinsi lain di Indonesia," kata Arifin.

Sementara itu, Rektor Unair, Moh Nasih, mengatakan pada 2018 ini paling tidak lima hektare tanah yang ada sudah bisa dibangun teaching farm. Sisa tanah yang lain akan dibangun menyesuaikan dengan kebutuhan pembangunan sarana dan prasarana di Unair.

"Akan dibangun sesuai dengan kebutuhan. Mungkin untuk vokasi, atau program-program tertentu. Kita sudah punya Akademi Keperawatan Gresik dan Lamongan. Bisa saja kita kumpulkan di sana," kata Nasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement