Rabu 06 Sep 2017 16:51 WIB

Gus Ipul Minta Maba Manfaatkan Waktu Kuliah Sebaik Mungkin

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG --  Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf meminta para mahasiswa baru (maba) untuk memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-baiknya. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Penutupan Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OSHIKA MABA) Tahun Ajaran 2017 di kampus Unisma, Rabu (6/9).

Para mahasiswa juga diharapkan tidak hanya tekun belajar tapi juga aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan lainnya. Hal ini dilakukan karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi.

“Adik-adik semua adalah orang yang beruntung bisa kuliah, calon pemimpin masa depan, jadi harus memanfaatkan waktu kuliah dengan sebaik-baiknya,” pesan pria yang biasa disapa Gus Ipul ini.

Gus Ipul mengatakan, tidak semua lulusan SMA bisa melanjutkan perguruan tinggi. Hanya sekitar 31 persen lulusan SMK/SMA di tingkat nasional yang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Sementara di Jatim, hanya sekitar 35 sampai 40 persen orang dapat melakukannya.  "Untuk itu, saya mengajak para mahasiswa untuk mensyukuri nikmat bisa melanjutkan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul juga berbagi kunci sukses dalam kehidupan melalui doa, ibadah, ilmu dan tawakal atau disingkat “DUIT”. Doa di sini sangat penting di mana setiap melakukan aktivitas harus selalu diiringi dengan doa. Usaha berarti dalam mencapai sesuatu harus melakukannya semaksimal mungkin.

Sementara ilmu dimaksudkan agar selalu dibekali dengan ilmu, karena dengannya akan lebih bermanfaat.  "Yang terakhir adalah tawakal, di mana setelah melakukan usaha dan berdoa dengan maksimal, kita harus menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT," tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement