Kamis 31 Aug 2017 17:58 WIB

Mahasiswa Indonesia Pemenang Lomba Animasi Tingkat Asia

Mahasiswa peserta Asiagraph Reallusion Award 2017 di Taiwan
Foto: istimewa
Mahasiswa peserta Asiagraph Reallusion Award 2017 di Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen Indonesia menjadi pemenang dalam lomba Animasi Asiagraph Reallusion Award 2017 di Taiwan. Indonesia yang diwakili oleh Universitas Surya diwakili oleh mahasiswa dari Univesitas Surya dan Universitas Komputer (Unikom) Bandung membawa pulang hadiah sebesar 10 ribu dolar AS.

Universitas Surya berhasil meraih juara pertama sebagai Best Film CG. Sementara, Unikom Bandung mendapat penghargaan sebagai Outstanding Work.

Sebelum pelaksanaan lomba tingkat Asia di Taiwan, di Indonesia diselenggarakan terlebih dahulu babak kualifikasi. Untuk pertama kalinya Indonesia mengadakan local round. "Pemenang dari local round tersebut dibawa ke Taiwan untuk mewakili Indoneisa di babak final," tulis keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (31/8).

Pertandingan yang telah berlangsung di Universitas Tarumanagara pada 8-10 Mei 2017 yang lalu, mengantarkan tim dari Univesitas Surya sebagai juara pertama dan Unikom sebagai juara kedua. Kedua tim tersebut berangkat mewakili Indonesia bertanding di final yang digelar Agustus 2017. 

Kemenangan ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya pada industri kreatif bidang film dan animasi. Di era digital saat ini, salah satu bidang yang terus bergerak cepat adalah animasi. Kemenangan Indonesia ini membuktikan kemampuan anak-anak bangsa tidak kalah dari negara lain di Asia.

Asiagraph adalah organisasi di bidang pendidikan yang berfokus pada pengembangan teknologi digital, industri, tren budaya melalui media publish, moving images, animation, games, dan media art. Asiagraph beranggotakan sarjana dan peneliti-peneliti yang berasal dari bidang pendidikan (universitas), pemerintah, dan perusahaan (industri kreatif) dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik. 

Bekerja sama dengan Reallusion Inc, Taiwan, Asiagraph mengadakan perlombaan pembuatan film animasi pendek dalam waktu 48 jam nonstop setiap tahunnya. Sejak 2013, perlombaan ini telah diikuti mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, Taiwan, China, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Australia. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengapresiasi kemenangan para mahasiswa di Taiwan. Dalam media sosial Instagram miliknya, Triawan mengungkapkan kekagumannya atas prestasi mahasiswa Indonesia.

"Setelah berkompetisi menghadapi 19 tim dari negara APAC (Cina, Taiwan, Jepang, Malaysia dan Thailand), mereka juara!" tulis Triawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement