Selasa 01 Aug 2017 01:42 WIB

Bahcesehir University akan Buka Universitas di Indonesia

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Hazliansyah .
Bahcesehir University, Turki.
Foto: doc
Bahcesehir University, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas asal Turki, Bahcesehir University, berencana membuka universitasnya di Indonesia. Ada beberapa hal yang dijagokan oleh mereka terkait program yang ditawarkan. Di antaranya, universitas tersebut menawarkan pertukaran pelajar gratis untuk mahasiswanya kelak.

"Pelajar akan mendapatkan satu tahun pertukaran pelajar gratis ke universitas kami di luar negeri," ujar perwakilan dari Bahcesehir University, Ramazan Ahmet Aydin, di kantor Republika, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Senin (31/7) malam.

Selain itu, Ahmet juga menjelaskan kelebihan lain universitas yang juga ada di Turki, Italia, Jerman, Georgia, Hongkong, dan lainnya itu. Pertama, Bahcesehir University memiliki jaringan global yang luas. Berikutnya, universitas tersebut juga menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang dapat menarik mahasiswanya.

"Kami menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang dapat menarik mahasiswa di sini ke perusahaan mereka. Kami juga mengundang orang dari perusahaan tersebut untuk mengajar langsung di kampus," jelas Ahmet.

Saat berkuliah di Bahcesehir University, Ahmet menjelaskan mendapat pelajaran soal bisnis dan pemasaran dari Manajer Marketing Microsoft Timur Tengah. Dengan begitu mahasiswa mendapatkan pendidikan yang layak.

"Terkadang, beberapa perusahaan tidak menerima lulusan dari suatu universitas karena tidak memiliki kualifikasi yang diinginkan. Karena itu, kami mengundang perusahaan tersebut untuk mengajar langsung agar mereka bisa 'membentuk' mahasiswa sesuai dengan kualifikasi mereka," ungkap dia.

Ahmet menjelaskan, hal tersebut juga sebagai bentuk kepedulian mereka. Ia tidak ingin mahasiswa yang lulus dari Bahcesehir University tidak memiliki bekal pengalaman bekerja. Karena tidak semua mahasiswa setelah lulus menjadi penulis buku ataupun artikel ilmiah.

"Kami tidak membiarkan lulusan universitas kami tidak memiliki experience. Jadi, ada program yang mendukung untuk menambah experience mereka dan program lainnya," tutur dia.

Untuk mempromosikan Bahcesehir University, Ahmet dan rekan-rekan akan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Jakarta dan Bandung. Mereka ingin meyampaikan langsung ke anak-anak dan orang tuanya tentang apa yang ada di Bahcesehir University nantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement