Rabu 17 May 2017 17:15 WIB

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Raih Rekor MURI Solusi Untuk Negeri

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Penyerahan penghargaan MURI kepada UMP.
Foto: Eko Widiyatno
Penyerahan penghargaan MURI kepada UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, kembali mencatatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor MURI yang diperoleh UMP kali ini terkait banyaknya saran atau solusi bagi pemerintah, yang tercatat di website HYPERLINK "http://ump.ac.id.ump.ac.id.

Dalam website tersebut, ada 10.139 saran yang tercatat. Sementara target awalnya hanya sebanyak 10 ribu saran. ''Ini menunjukkan besarnya perhatian masyarakat terhadap upaya perbagian bagi bangsa dan negaranya,'' jelas Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad MH, dalam sambutan pencatatan rekor MURI di auditorium Ukhuwah Islamiyah, Rabu (17/5).

Mereka yang memberikan saran dan tercatat di situs HYPERLINK "http://ump.ac.id.ump.ac.id, berasal dari beragam kalangan. Selain dari kalangan dosen, mahasiswa, karyawan, juga banyak yang berasal dari masyarakat umum.

Sejak beberapa hari terakhir, UMP memang menggagas kegiatan bertajuk '10.000 Solusi Untuk Negeri'. Melalui kegiatan ini, UMP memberi kesempatan pada seluruh civitas akademika UMP dan masyarakat umum, untuk memberikan saran dan usulan dalam upaya pemerintah mengatasi persoalan bangsa.

Seluruh saran, usulan, atau solusi yang tertampung di situs HYPERLINK "http://ump.ac.id.ump.ac.id ini, nantinya akan dikirimkan ke kantor Sekretariat Negara di Jakarta, sebagai bahan masukan bagi pemerintah.

Dengan pencatatan rekor tersebut, rektor UMP menerima piagam penghargaan piagam MURI dari Manajer Eksekutif MURI, Sri Widayati. Menurut Sri, kegiatan yang dilakukan UMP tersebut merupakan inisiatif cerdas dalam menampung aspirasi masyarakat sebagai bentuk kepedulian dan perhatian perguruan tinggi terhadap persoalan bangsa.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara talkshow yang mengambil tema 'Inspirasi untuk Negeri'. Acara talkshow menghadirkan Bupati Banyumas, Cilacap, Kebumen, Kudus, dan Wakil Bupati Wonosobo, yang sekaligus dilakukan nota kesepahaman dengan UMP.

Raktor menambahkan,  pemecahan rekor MURI dan talkshow Inpirasi untuk Negeri ini, merupakan bagian dari implementasi tiga hal pokok yang menjadi cita-cita UMP, yakni unggul, modern, dan Islami.

''Tiga hal tersebut  terus diupayakan bisa tercapai sehingga  mampu membawa pencerahan, kemajuan, dan kegunaan bersama dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama,'' jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement