Rabu 08 Feb 2017 21:39 WIB

Pascasarjana UAD Kerja Sama dengan 14 Kampus Asing

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Rencana Masjid Universitas Ahmad Dahlan
Foto: uad.ac.id
Rencana Masjid Universitas Ahmad Dahlan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Di usianya ke 13 tahun Program Pasca Sarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta sudah bekerjasama dengan 13 Perguruan Tinggi (PT) asing di beberapa negara di dunia. Sebanyak 14 PT asing ini bekerja sama di beberapa bidang antara lain penelitian bersama, seminar bersama, pelatihan dan pertukaran mahasiswa dan dosen, pertukaran budaya dan pertukaran guru besar.

"Kerjasama ini masih akan terus ditingkatkan terutama dibidang penelitian bersama," ujar Direktur Program Pasca Sarjana UAD, Achmad Mursyidi saat memberikan sambutan pada peringatan Milad UAD ke 13 di Islamic Center UAD, Rabu (8/2).

Menurutnya jumlah mahasiswa pasca sarjana UAD mencapai 794 mahasiswa. Dari jumlah tersebut 45 persen berasa dari Jawa. Dalam 13 tahun, perkembangan Program Pasca Sarjana UAD juga cukup signifikan. Saat berdiri 2004 Program Pascasarjana UAD hanya memiliki dua program studi yaitu Pendidikan Fisika dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Namun di Miladnya ke 13, PPS UAD sudah mengelola 10 program studi yaitu Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, Psikologi Sains, Psikologi Profesi, Farmasi, Manajemen Pendidikan, Teknik Informatika:Teknologi Informasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Vokasi dan Manajemen.

Tahun ini PPS UAD juga menyiapkan 3 program studi baru yaitu Psikologi untuk program Doktor, Teknik Kimia dan Pendidikan Agama Islam.

Rektor UAD, Kasiyarno dalam sambutannya mengatakan, perkembangan program pasca sarjana UAD memang cukup bagus selama 13 tahun ini. Ini membuktikan bahwa UAD semakin banyak diminati mahasiswa.

Dana penelitian untuk para dosen di UAD juga semakin banyak. Tahun ini dana penelitian dosen mencapai Rp 2 Miliar. "Itu baru dana dari dikti belum dana internal sendiri," katanya.

Memperingati Milad ke 13 Program Pasca Sarjana UAD menggelar beberapa kegiatan antara lain pengabdian masyarakat berupa pelatihan motivasi berprestasi, pelatihan pengolahan sampah, penghijauan lahan dan penyerahan bantuan produktif pada masyarakat.

Kegiatan lain berupa lomba futsal, lomba karya ilmiah dan poster, penghargaan pada mahasiswa berpestasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement