Kamis 22 Dec 2016 07:29 WIB

UI Raih Penghargaan di Bidang Keterbukaan Informasi Publik

Universitas Indonesia
Foto: asianranking.com
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik dengan skor tertinggi yaitu 97,92 dari seluruh kategori yang diterima oleh 64 institusi.

Rektor UI Prof. Muhammad Anis mengatakan pencapaian ini membuktikan komitmen UI di dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik (good governance) dan berkomitmen memberikan layanan bagi para stakeholders. Penghargaan tersebut telah diserahkan pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/12).

Menurut Anis penghargaan yang diperoleh UI ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pengelola Informasi dan Dokumentasi baik di tingkat fakultas maupun universitas. UI akan senantiasa mempertahankan dan menjaga kualitas pelayanan informasi publik dengan konsisten dan berkesinambungan.

Anis menjelaskan proses penilaian berlangsung sejak April hingga Desember 2016 oleh tim yang terdiri atas komisioner, tenaga ahli dan tim pelaksana teknis lapangan.

"Yang menjadi indikator penilaian berupa transparansi, akuntabilitas pelayanan dan informasi dalam periode satu tahun," jelasnya, Kamis (22/12).

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik terdiri atas tujuh kategori yaitu, kategori kementerian, pemerintah provinsi,universitas/ perguruan tinggi negeri, badan usaha milik negara, lembaga negara dan lembaga pemerintah non kementerian, lembaga non struktural, dan partai politik.

Sementara itu Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan terjaminnya keterbukaan informasi merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi seluruh pihak. Untuk itu, UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan menuju perguruan tinggi riset unggulan di Asia Tenggara berkomitmen untuk meningkatkan upaya transparansi bagi para stakeholder dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman.

Diharapkan melalui upaya transparansi informasi ini dapat menjadi salah satu faktor pendorong UI menjadi Universitas kebanggaan bangsa Indonesia di kancah internasional.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement