Rabu 17 Aug 2016 14:56 WIB

Menjadi Kampus Terbaik se-Indonesia, Ini Tanggapan Rektor ITB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi menyambut baik atas terpilihnya ITB sebagai kampus terbaik se-Indonesia oleh pemerintah. Kadarsah juga mengapresiasi kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) untuk inisiatif dan programnya dalam menjalankan perangkingan Perguruan Tinggi (PT) ini.

“Insya Allah dengan program ranking ini, semua perguruan tinggi akan maju bersama-sama. Ketika perguruan tinggi maju, maka bangsa akan semakin maju pula,” ujar Kadarsah melalui pesan singkatnya kepada Republika.co.id, Rabu (17/8).

Menurut Kadarsah, perangkingan PT ini sebenarnya hanya suatu ukuran sesaat dari kemajuan perguruan tinggi. Dengan kata lain, esensi rangking ini bukan untuk mencerminkan PT mana yang lebih baik. Namun, dia melanjutkan, menjadi suatu media untuk terus maju bersama.

Saat ditanyai ihwal program unggulan, Kadarsah mengatakan, pihaknya selalu mendorong tiga hal. “Excellent in teaching and learning (unggul dalam mengajar dan belajar), excelent in research (unggul dalam penelitian) dan excellent in innovation & entrepreneurship (unggul dalam berinovasi dan berwirausaha),” jelas dia.

Sebelumnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali meraih posisi sebagai kampus terbaik se-Indonesia berdasarkan penilaian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tidak hanya berada di posisi sama dari tahun sebelumnya, angka penilaiannya juga meningkat dari 3,74 menjadi 3,78.

“Dari 12 besar kampus (kluster pertama), ada yang nilainya naik signifikan dan ada juga yang naiknya biasa saja,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam Konferensi Pers (Konpers) Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Thamrin, Jakarta, Rabu (17/8).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement