Senin 08 Aug 2016 16:21 WIB

51 Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Ikuti Festival Alquran

Rep: Yulianingsih/ Red: Dwi Murdaningsih
Alquran
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sebanyak 51 Perguruan Tinggi (PT) Muhammadiyah (PTM) dan Aisyiah (PTA) sudah mendaftarkan diri untuk ikut dalam Festival Alquran di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), 9-11 Agustus 2016 mendatang.

"Sudah 51 PTM dan PTA (mendaftarkan diri) dari 176 PTM maupun PTA yang ada," kata Ketua Panitia Pelaksana Festival Alquran di UMY, Ghofar Ismail, Senin (8/8).

Menurutnya, jumlah tersebut masih bisa bertambah. Dari jumlah PTM dan PTA tersebut seditnya akan ada 257 orang mahasiswa yang ikut dalam festival ini.

Festival Alquran tidak hanya meliputi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) saja, namun juga akan diadakan Seminar Alquran, Pertemuan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan seluruh PTM dan PTA se-Indonesia, Pertemuan Wakil Rektor dan atau Lembaga bidang Kemahasiswaan dan AIK, Pertemuan Badan Pembina Harian (BPH) PTM dan PTA, Talkshow yang akan mengangkat isu-isu terkini tentang Islam baik dari sisi budaya, seni, maupun perilaku, serta Pameran dan Bazar "Seni dan Budaya Islam".

Ada 10 cabang lomba MTQ yang akan digelar pada Festival Alquran tahun ini. Sepuluh cabang tersebut adalah Tilawah Alquran (Putra/Putri), Tartil Alquran (Putra/Putri), Hifzhil Alquran 1 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Alquran 5 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Alquran 10 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Alquran 15 Juz (Putra/Putri), Hifzhil Alquran 30 Juz (Putra/Putri), Kaligrafi Alquran (Putra/Putri), Fahmil Alquran, dan Syarhil Alquran. Sedangkan untuk acara Seminar Alquran akan mengambil tema Reaktualisasi Alquran untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan sains.

"Untuk pameran sendiri akan menampilkan beberappa manuskrip terkait Alquran di Indonesia termasuk Alquran terbesar di Indonesia," ujarnya.

Ketua Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad mengatakan, festival Alquran tahun ini mengambil tema 'Bermental Qur’ani Juara, Terbang Mengglobal Sebagai Jawara'. Menurutnya, di PTM dan PTA kemampuan mahasiswa dalam membaca Alquran sudah sangat baik. Namun pihaknya ingin tterus mengatkan kemampuan mahasiswa tersebut dalam mengkaji dan membaca Alquran secara baik dan benar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement