Kamis 29 Oct 2015 23:45 WIB

UI Juarai Kontes Mobil Masa Depan Hemat Energi

Rep: Hannan Putra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Universitas Indonesia
Foto: Republika/Aditya
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dengan mengusung dua karya mobil masa depan hemat energi, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Nakoela Hore dan Tim Sadewa Hore meraih tiga predikat sebagai juara pertama dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE).

Kontes yang diselenggarakan DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) dan Universitas Brawijaya di Stadion Kanjuruhan, Malang ini digelar tanggal 21 hingga 25 Oktober 2015. Tiga predikat yang dijuarai UI yakni Juara 1 Kategori Prototipe Gasoline, Juara 1 Best Design kategori kendaraan Prototipe, dan Juara 1 Kategori Urban Concept Gasoline.

"Tim Nakoela Hore dengan mobil bernama Keris R-VII berhasil meraih juara satu pada kategori Prototipe Gasoline dengan pencapaian satu liter bensin untuk 740 kilometer," ujar Kepala Humas dan KIP UI  Rifelly Dewi Astuti MM kepada Republika, Kamis (29/10).

Perolehan tersebut berhasil menggungguli mobil hemat energi lainnya dimana peringkat dua meraih pencapaian satu liter bensin untuk 162 kilometer. Selain itu, Tim Nakoela Hore juga berhasil meraih juara satu Best Design atas mobilnya tersebut.

Keris R-VII yang memiliki berat 40 kilogram ini menggunakan material carbon fibre, honeycomb, dan alumunium. Dalam mendesain, membangun, memilih komponen dan material mobil, Keris R-VII telah melalui perhitungan matang dan disimulasikan melalui software.

"Team Manager Nakoela Hore Diatri Mika Putra (Teknik Metalurgi dan Material 2013) mengaku sangat bangga atas pencapaian tim Nakoela Hore dan target ke depannya adalah memperoleh hasil lebih baik pada ajang Shell Eco Marathon Asia 2016," jeas Rifelly.

Sedangkan, Tim Sadewa Hore dengan karyanya bernama Kalabia Evo.5 berhasil meraih juara satu kategori Urban Concept Gasoline dengan perolehan satu liter bensin untuk 292 kilometer. Kalabia Evo.5 berhasil mengungguli lawannya dengan perolehan satu liter bensin untuk 197 kilometer.

Mobil beroda empat ini menggunakan material carbon fiber composis dan memiliki berat 75 kg. Team Manager Sadewa Hore Alfian Ibnu Pratama (Teknik Mesin 2013) menargetkan ke depannya tim Sadewa Hore senantiasa mampu merancang, membangun serta berkompetisi menciptakan kendaraan masa depan yang efisien dan hemat energi.

KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi) merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah serta meningkatkan kreatifitas, disiplin, serta kemampuan soft skill dan hard skill.

Dalam KMHE 2015 ini, ada dua kategori mobil yang diperlombakan, yakni kategori Prototype dan kategori Urban Concept. Pada kategori prototype, kontestan ditantang untuk menciptakan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan aspek aerodinamika.

Sedangkan pada kategori Urban Concept peserta diminta untuk membuat kendaraan roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya dan sesuai untuk berkendara di jalan raya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement